Agar Tidak Lelah dalam Penerbangan Jarak Jauh

CNN Indonesia | Kamis, 04/04/2019 20:28 WIB
Agar Tidak Lelah dalam Penerbangan Jarak Jauh Ilustrasi. (Dok. www.airfrance.us)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wisata ke luar negeri menyenangkan sekaligus menyebalkan karena harus menempuh penerbangan jarak jauh. Bagi yang ingin lebih santai dalam penerbangan panjang ke luar negeri, berikut sejumlah tipsnya:

1. Perawatan kulit

Gunakan produk perawatan kulit sebelum masuk pesawat sehingga kulit tidak kering dan kusam setelah mendarat.


Karena sedang berada di langit yang notabene dekat dengan matahari, jangan lupa kenakan tabir surya.

Jangan nekat kenakan produk saat berada di dalam pesawat, terutama yang berbahan dasar air, karena tekanan udara akan membuat kulit semakin kering. Mengenakan produk tata rias yang terlalu tebal juga membuat kulit terlihat kusam.

Sesampainya di bandara atau hotel baru boleh mengenakan produk perawatan kulit atau tata rias lanjutan. 

2. Kenakan pakaian nyaman

Posisi duduk berjam-jam dan pakaian yang terlalu ketat akan membuat sirkulasi darah kurang lancar. Kenakan pakaian yang longgar dan bawalah penghangat badan.

Jangan lupa kenakan pakaian dengan potongan yang praktis dan warna gelap untuk terhindar dari kesan berantakan dan lecek.

3. Pilih bangku

Jika ingin duduk dengan area kaki yang luas bisa memilih bangku dekat pintu darurat. Bagi yang ingin menghindari tangisan anak kecil bisa hindari bangku bagian depan.

Lalu bagi yang ingin tidur lebih nyenyak bisa memilih bangku dekat jendela. Sebaliknya yang ingin lebih leluasa bisa duduk di dekat lorong. Sementara bagi yang ingin terbang minim goncangan bisa duduk di bangku area sayap.

4. Tidur dan tidur

Tidur adalah jalan terbaik untuk melalui penerbangan panjang. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gas, kafein, dan alkohol sebelum dan selama penerbangan agar pencernaan rileks dan mata bisa cepat terpejam.

Sama seperti kebiasaan di rumah, jangan lupa cuci muka dan sikat gigi sebelum tidur. Bisa kenakan kaus kaki, penyumbat telinga, dan penutup mata agar tidur lebih nyaman.

Tidurlah sesuai waktu di negara tujuan, sehingga tidak mengalami jet-lag.

5. Santai

Perbanyak minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan yang berakibat cepat lelah. Jika khawatir dengan penyebaran virus, bisa kenakan masker penutup mulut selama penerbangan.

Untuk meregangkan badan yang sedang duduk bisa berjalan di lorong atau mencoba menggambar alfabet dengan pergelangan kaki.

(agr/ard)