Jenis-jenis Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 07:37 WIB
Jenis-jenis Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules ilustrasi otak (Istockphoto/Nikada)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agung Hercules didiagnosis menderita kanker otak. Kanker yang tumbuh di bagian otak kiri selebriti bertubuh kekar itu merupakan jenis glioblastoma stadium IV.

Selain glioblastoma, terdapat beberapa jenis kanker otak. Kanker otak dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan tempat tumbuhnya kanker dan tingkat keganasan kanker.

Berikut jenis-jenis kanker otak, dikutip dari American Cancer Society.


1. Glioma
Glioma merupakan istilah umum untuk tumor yang berawal dari sel glial. Sekitar 3 dari 10 tumor otak adalah glioma. Sebagian besar kanker otak glioma tumbuh dengan cepat. Terdapat beberapa jenis glioma yakni astrositoma, oligodendroglioma, dan ependimoma.

- Astrositoma adalah tumor yang dimulai pada sel astrosil dalam sel glial. Sekitar 2 dari 10 tumor otak adalah astrositoma. Glioblastoma yang diderita Agung Hercules merupakan bagian dari astrositoma yang termasuk dalam stadium IV. Ini merupakan jenis tumor yang paling cepat berkembang.

- Oligodendroglioma adalah tumor yang dimulai pada sel oligodendrosit di sel glial. Tumor ini masuk dalam stadium dua yang cenderung tumbuh lambat.

- Ependimoma adalah tumor yang dimulai di sel ependimal yang melapisi ventrikel. Kanker ini dapat berkisar dari stadium II hingga stadium III. Ependimoma termasuk kasus kanker yang jarang karena hanya sekitar dua persen dari kanker otak saja yang termasuk kanker jenis ini.

2. Meningioma
Kanker meningioma dimulai pada meninges yaitu lapisan jaringan yang mengelilingi bagian luar otak dan sumsum tulang belakang. Kanker ini merupakan jenis kanker otak yang paling umum pada orang dewasa.

3. Medulloblastomas
Medulloblastoma berkembang dari sel neuroectodermal (bentuk awal sel saraf) di otak kecil. Jenis ini tumbuh dengan cepat sehingga tergolong dalam stadium IV dan sering menyebar ke area lain. Kanker ini juga lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding orang dewasa.

Kanker medulloblastoma dapat diobati dengan pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi.

4. Ganglioglioma
Ganglioglioma merupakan kanker yang melibatkan neuron dan sel glial. Kanker ini sangat jarang pada orang dewasa. Kanker ini tumbuh lambat dan tergolong pada stadium II.

Biasanya, ganglioglioma dapat disembuhkan dengan operasi atau dikombinasikan dengan terapi radiasi.

5. Schwannomas (neurilemmomas)
Schwannoma berkembang dari sel Schwann, yang mengelilingi dan mengisolasi saraf kranial dan saraf lainnya. Tumor ini tergolong tumor jinak yang masuk dalam kategori stadium I.

6. Craniopharyngiomas
Craniopharyngiomas juga merupakan kanker jinak stadium I yang dimulai dari kelenjar pituitari. Kanker ini dapat menyebabkan masalah penglihatan karena berada dekat dengan saraf optik.

Agung Hercules sendiri menderita kanker otak dengan tipe glioblastoma stadium IV di otak kirinya. Selebriti berbadan kekar itu kini mesti terbaring menjalani sejumlah perawatan dan pengobatan di rumah sakit.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)