China Bangun Taman Nasional Khusus Panda

CNN Indonesia | Jumat, 28/06/2019 20:01 WIB
China Bangun Taman Nasional Khusus Panda Ilustrasi. Panda raksasa Weiwei. (REUTERS/China Daily)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demi mengukuhkan diri sebagai Negeri Panda, pemerintah China berencana membangun taman nasional khusus panda.

Nantinya Taman Nasional Giant Panda akan berlokasi di Sichuan dan menjadi habitat dari 67 tempat konservasi beruang hitam putih itu.

Selama ini Sichuan memang dikenal sebagai destinasi wisata habitat panda di China.



Dikutip dari The Points Guy pada Jumat (28/6), Taman Nasional Giant Panda bakal menempati lahan seluas 10.476 mil - atau tiga kali lebih luas dibanding Taman Nasional Yellowstone.

Saat ini pembangunan Taman Nasional Giant Panda sedang dikebut dan dijadwalkan beroperasi pada awal tahun 2020.

Bukan cuma menjadi tempat wisata, taman nasional ini juga akan menjadi kawasan rehabilitasi dan konservasi populasi panda di China.

Turis juga dilarang berada terlalu dekat dan memberi makan panda, kecuali di bawah pengawasan petugas di area khusus.

Pemerintah China ingin taman nasional ini menyadarkan banyak orang bahwa panda patut dilestarikan dan diselamatkan dari kepunahan.


Jika proyek Taman Nasional Giant Panda di Sichuan sukses, maka pemerintah China bakal melebarkan kawasan tersebut ke Shaanxi dan Gansu.

Menurut data WWF, tercatat ada 1.864 panda di enam pegunungan China.

Sebelum adanya Taman Nasional Giant Panda, kawanan berbulu hitam dan putih itu menghuni empat kawasan konservasi di Chengdu, kota terbesar ke-tujuh di China dan ibu kota Sichuan.

Empat kawasan konservasi itu ialah; The Bifengxia Panda Center, Wolong Panda Research Center, Dujiangyan Panda Base, dan Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding.

Di sana turis bisa berinteraksi dengan panda, mulai dari memberi makan sampai membersihkan kandangnya.


[Gambas:Video CNN] (ard/ard)