Tips Memanggang agar Masakan Lebih Sehat

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 07:29 WIB
Tips Memanggang agar Masakan Lebih Sehat Ilustrasi memanggang (Foto: Picjumbo/Viktor Hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memanggang jadi salah satu teknik memasak yang membuat makanan renyah dan nikmat disantap. Teknik memanggang bisa digunakan untuk makanan jenis apa pun, mulai dari kue, sayur, hingga daging.

Bukan tanpa alasan memanggang jadi salah satu teknik memasak yang disukai. Chef Olivia Roszkowski mengatakan, memanggang bisa menghadirkan rasa manis alami pada makanan.

Cara ini juga bisa membuat makanan tetap sehat, asal dilakukan dengan cara yang tepat.


Beberapa tips memanggang bisa dicoba agar makanan tetap nikmat disantap dan memiliki nilai gizi. Berikut mengutip Live Strong.

1. Nyalakan oven sebelum memanggang
Koki sekaligus ahli gizi Michele Sidorenkov melihat kesalahan umum yang banyak dilakukan orang. Kesalahan itu adalah tidak memanaskan oven terlebih dahulu dalam waktu lama.

"Satu kesalahan terbesar saat memanggang saya lihat adalah tidak membiarkan oven dipanaskan dulu dalam waktu lama," ujar Sidorenkov.

Memanaskan oven sebelum memanggang sangat penting untuk keseluruhan proses. Oven yang baru dinyalakan tepat ketika makanan akan dipanggang berisiko membuat hasil panggangan tak mengembang dengan baik. Atau, jika yang dipanggang adalah ayam, daging bisa mengering bahkan sebelum dipanggang dengan benar.

2. Alternatif mentega
Mentega dipercaya memberikan rasa gurih untuk makanan panggang. Namun, koki Ashley Wright menyarankan penggunaan alpukat sebagai alternatif mentega untuk pemanggangan roti dan muffin. Alpukat akan membuat roti lebih lembut dan mencegah roti cepat hancur.

Berbeda dengan mentega, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu mengontrol kadar kolesterol. Studi meta-analisis pada 2018 menemukan, konsumsi alpukat bisa meningkatkan kadar kolesterol baik alias HDL.

3. Ganti telur dengan pisang
Kehabisan telur untuk membuat kue? Tak perlu beli, Wright menyarankan untuk memanfaatkan pisang. Trik ini bisa diterapkan mereka yang menganut diet vegan.

"Telur memberikan kelembapan dan rasa manis seperti layaknya berperan sebagai pengikat," kata Wright.

Pisang bakal membuat kue jadi kenyal dan empuk. Tak hanya itu, pisang juga mengandung banyak nutrisi seperti potasium, vitamin C, dan serat.

4. Kurangi gula
Aneka resep kue cenderung menggunakan banyak gula. Sudah jadi rahasia umum jika konsumsi gula berlebih hanya akan berujung pada beragam penyakit kronis.

Anda bisa mengganti gula pasir dengan gula jagung.

5. Gunakan yogurt
Daripada susu atau krim, coba gunakan yogurt tawar untuk makanan manis atau asam. Ahli gizi Rachel Fine mengatakan, tak ada perbedaan rasa antara yogurt dan susu.

Ilustrasi (Foto: Istockphoto/Halfpoint)

Penggunaan yogurt bakal memberikan makanan tambahan 14 gram protein untuk pembentukan otot. Tak hanya itu, studi yang diterbitkan pada European Journal of Nutrition pada 2017 lalu menemukan, seseorang yang mengonsumsi yogurt memiliki berat badan, indeks massa tubuh, ukuran lingkar pinggang, dan kadar gula darah yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi yogurt.

6. Mencoba jenis tepung berbeda
Tepung yang biasa digunakan untuk membuat kue punya dampak buruk bagi kesehatan. Tepung dapat mendorong kenaikan gula darah secara drastis.

Roszkowski menyarankan Anda untuk mengganti tepung. Tak harus diganti secara keseluruhan, ganti setengah tepung putih ke tepung gandum utuh.

7. Pakai satu wadah
Jika ingin memanggang praktis tanpa repot, maka panggang semua makanan dalam satu wadah. Banyak bahan makanan bisa dipanggang bersamaan seperti kentang, brokoli, tomat ceri, timun, ayam, dan jamur. Cukup gunakan minyak zaitun, garam, dan merica, menu makan malam pun siap.

"Sheet pan dinner biasanya menyehatkan karena mereka termasuk protein dan beragam sayuran," kata Sidorenkov.

8. Agar sayur tak lembek
Sebagian orang percaya jika sayuran akan lembek dan tak enak saat dipanggang. Untuk menghindarinya, pastikan sayur dipotong dalam ukuran seragam.

"Panaskan wadah pada oven selama 10 menit sebelum sayuran masuk. Ini akan menghasilkan sayur yang lebih renyah," kata Roszkowski.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)