Cara Sederhana Pudarkan Noda Bekas Jerawat

Tim, CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 11:27 WIB
Cara Sederhana Pudarkan Noda Bekas Jerawat Noda bekas jerawat bisa diatasi dengan cara sederhana Foto: Istockphoto/Sasha_Suzi
Jakarta, CNN Indonesia -- Jerawat kerap menyisakan noda berwarna cokelat atau kemerahan pada kulit, membuat warna kulit menjadi tidak merata, bahkan membuat tekstur kulit menjadi tidak halus.

Sejumlah obat 'penghilang' bekas luka dalam bentuk salep memang diklaim dapat membuat kulit yang bernoda kembali mulus, baik dari warna maupun tekstur.

Hanya saja, penggunaan obat oles dalam jangka panjang, tentu memerlukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit, demi mencegah adanya efek samping dari obat yang dipakai berkepanjangan.



Kabar baiknya, bila ingin menyamarkan noda ringan bekas jerawat, ternyata Anda bisa melakukannya secara sederhana di rumah, tanpa perlu membeli obat kulit tertentu.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, dokter kulit bersertifikat dari Icahn School of Medicine Ellen S. Marmur, MD mengatakan, mengurangi noda pada kulit akibat luka ringan atau jerawat, sebenarnya bisa dilakukan tanpa bantuan obat.

"Meskipun tidak ada bekas luka yang bisa hilang sepenuhnya, sebagian besar bekas luka dapat memudar seiring waktu bila dirawat dengan cara yang benar," kata Marmur.

Berikut cara sederhana untuk memudarkan noda bekas jerawat.

1. Usai beraktivitas di luar ruang atau setelah menggunakan kosmetik, rutin membersihkan area wajah menggunakan sabun wajah yang cocok dengan jenis kulit.

2. Gunakan lotion pelembab wajah agar kulit di area bekas jerawat tidak kering. Kulit yang kering bisa menimbulkan rasa gatal, yang bila digaruk justru dapat menambah luka baru dan memperparah warna noda.

3. Dengan lotion tersebut, pijat dengan lembut area wajah yang bernoda selama lima hingga sepuluh menit setiap hari. Hal ini membantu menstimulasi aliran darah, yang sangat bagus untuk memperbaiki kulit di area bekas jerawat atau luka.


4. Sebelum melakukan aktivitas luar ruang, oleskan tabir surya pada wajah. Perlindungan dari matahari dapat membantu mengurangi perubahan warna merah atau coklat pada bekas jerawat. Sehingga noda akan memudar lebih cepat. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih dan gunakan secara rutin.

5. Anda juga bisa mengaplikasikan lotion perawatan kulit dengan bahan utama vitamin E atau minyak kelapa yang dinilai efektif untuk mengurangi noda bekas jerawat.


[Gambas:Video CNN]

(dir/ayk)


BACA JUGA