6 Menu Sarapan Agar Otak 'Encer'

Tim & dir, CNN Indonesia | Jumat, 30/08/2019 06:59 WIB
6 Menu Sarapan Agar Otak 'Encer' Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed
Jakarta, CNN Indonesia -- Sarapan kue donat bukan pilihan tepat saat Anda akan menghadapi hari 'penting', seperti ujian, tes kerja, atau meeting. Sepotong karbohidrat dengan taburan gula tersebut nyatanya bukan asupan terbaik bagi otak.

Otak membutuhkan asupan kaya nutrisi untuk bisa berpikir tajam hingga menjaga fokus. Dilansir dari Live Strong, beberapa menu sarapan sehat ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otak Anda, sehingga membuat otak lebih 'encer'.


1. Telur dengan alpukat


Telur merupakan sumber kolin yang sangat baik. Menurut National Institutes of Health, kolin mengandung nutrisi yang diperlukan oleh asetilkolin, yaitu neurotransmitter pada otak yang berperan dalam kekuatan memori dan meningkatkan kinerja otak.

Sebuah studi tahun 2007 di The American Journal of Clinic Nutrition, menemukan fakta bahwa telur dapat meningkatkan kemampuan kognitif berupa daya pikir, kemampuan mengingat, pemecahan masalah, hingga pengambilan keputusan.

Sedangkan alpukat merupakan sumber karbohidrat sehat. Karbohidrat sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan energi, di samping menciptakan rasa kenyang.

2. Smoothie alpukat dengan almond dan mint

Selain sebagai sumber karbohidrat, penelitian dalam jurnal Nutrients 2017 mendapati, orang yang memakan alpukat sehari selama enam bulan mengalami peningkatan memori otak, perhatian, dan sebagai pemecah masalah yang efisien.

Untuk meningkatkan rasa sekaligus memberi manfaat sehat, Anda bisa mencampur alpukat dengan susu dan yogurt, dinikmati bersama dengan kacang almond. Salah satu manfaat kacang almond ialah menstabilkan tekanan darah, yang secara tidak langsung ikut menstabilkan suasana hati, sehingga Anda bisa berpikir dengan jernih.

3. Ikan salmon asap dan alpukat

Menurut Harvard Health Publishing, kandungan asam lemak dan omega 3 pada salmon dapat membantu efek anti inflamasi untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Sementara alpukat yang kaya akan antioksidan akan meningkatkan perhatian dan fokus pada otak.

4. Sereal, almond dan yogurt

Kacang almond menjadi makanan yang dapat 'melindungi' otak Anda. Ini dikarenakan almond mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Satu ons almond memberikan 34 persen vitamin E.

Sedangkan yogurt, selain menjadi sumber protein, juga diklaim dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan magnesium, selenium, dan zinc. Bila tubuh sehat, pikiran pun jadi 'kuat'.

Perpaduan yogurt dan almond akan lebih mengenyangkan bila Anda menambahkan sereal jagung. Tekstur renyah dari sereal juga dapat meningkatkan kepuasan makan.

5. Parfait Krim Blueberry

Parfait merupakan dessert asal Perancis yang terdiri dari buah dan krim. Anda bisa membuatnya dengan mudah dengan cara mencampurkan 1 mangkuk kecil yogurt, setengah cangkir blueberry dan stroberi. Untuk menambah rasa, tambahkan 1 sendok granola.

Blueberry sangat baik untuk peningkatan fungsi otak. Penelitian tahun 2010 di Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan bahwa meminum jus blueberry juga akan menambah daya ingat yang baik dan menurunkan gejala depresi.

Sedangkan manfaat buah stroberi begitu terasa untuk wanita karena dapat memperlambat penurunan kognitif. Resep ini menjadi suguhan sehat yang sempurna.


6. Semangkuk buah bit dan delima

Buah bit kaya akan nitrat dan membantu untuk membuka pembuluh darah. Penelitian dalam Nitric Oxide: Biology and Chemistry menunjukkan bit bermanfaat untuk menangkal pengurangan fungsi kognitif otak.

Menambahkan buah delima akan membuat Anda memiliki kekuatan otak yang maksimal. Sebab kandungan antioksidan dalam buah delima dapat mencegah kerusakan otak akibat paparan radikal bebas.


[Gambas:Video CNN] (ayk)