Maskapai Mulai Kenalkan Peta 'Bangku Bebas Bayi'

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 20:09 WIB
Maskapai Mulai Kenalkan Peta 'Bangku Bebas Bayi' Ilustrasi. (Istockphoto/encrier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maskapai di Indonesia mungkin bisa meniru layanan memanjakan penumpang yang diberikan oleh dua maskapai Jepang belum lama ini: peta area yang ditempati penumpang dan bayinya.

Dikutip dari Lonely Planet pada Selasa (1/10), layanan tersebut dirilis oleh Japan Airlines dan All Nippon Airways.

Layanan Japan Airlines bernama Baby Map (Peta Bayi) yang menunjukkan letak bayi berusia delapan hari hingga dua tahun berada, sehingga penumpang yang enggan berkutat dengan tangisan atau rengekan anak kecil bisa memilih duduk menjauh.



Namun layanan ini hanya bisa dinikmati oleh penumpang yang membeli tiket langsung melalui situs resmi maskapai dan tak berlaku bagi yang membeli tiket melalui agen perjalanan.

Sementara itu All Nippon Airways memiliki layanan yang kurang lebih sama, meski tak menjamin penumpang bakal 100 persen bebas dari tangisan atau rengekan.

Banyak pelancong yang mengapresiasi layanan baru ini, terutama bagi mereka yang butuh tidur dalam penerbangan panjang.

Tak sedikit pula yang mengkritik dengan alasan seharusnya sesama penumpang harus toleran terhadap penumpang dan bayinya.


Persoalan rengekan atau tangisan bayi dalam pesawat masih menjadi hal yang terus menuai pro dan kontra.

Beberapa waktu yang lalu salah satu selebriti di Indonesia sempat dikecam netizen karena mengunggah status mengenai ketergangguan dirinya dengan keberadaan anak kecil dalam pesawat yang ditumpanginya.

Usaha para orang tua "mendamaikan" isi pesawat saat anaknya menangis atau merengek juga patut dipuji.

Aktor George Clooney sampai membagikan headphones kepada penumpang yang duduk di sebelah bangkunya sebagai antisipasi jika anak kembarnya menangis.

(ard/ard)