Kenrokuen Kanazawa, Taman Cantik Tempat Mengintai di Jepang

CNN Indonesia | Senin, 28/10/2019 16:11 WIB
Kenrokuen Kanazawa, Taman Cantik Tempat Mengintai di Jepang Taman Konrukeun Kanazawa di Jepang. (Istockphoto/Joaquin Ossorio-Castillo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Taman Kenrokuen Kanazawa merupakan salah satu dari tiga taman bersejarah di Kanazawa, Jepang, yang memiliki nilai historis tinggi.

Taman Kenrokuen Kanazawa yang seluas 12 hektare ini dibangun pada zaman pemimpin Maeda saat berkuasa pada medio 1800-an.

Taman ini dibangun di dataran tinggi dengan tujuan agar pemimpin Maeda dapat memantau situasi dan aktivitas masyarakat di tengah kota. Pos penginatian yang berupa rumah khas Jepang juga masih bisa dikunjungi di taman ini.



Nama 'kenrokuen' secara harfiah berarti 'Taman Enam Keagungan', mengacu pada luas, tertutup, indah, antik, air berlimpah, dan berpemandangan indah, yang menurut teori lanskap China adalah enam atribut penting dalam membentuk taman yang sempurna.

Berjalan-jalan di sekitar taman akan membantu memahami teori lansekap ini.

Ketika keluarga Maeda masih berkuasa, taman tersebut hanya diperuntukkan untuk anggota keluarga saja.

Di dalam taman terdapat berbagai spot menarik seperti sungai, kolam, air terjun, jembatan, kedai teh, serta sistem pengairan sungai berteknologi canggih. Taman ini juga dihiasi banyak bunga, pohon, dan bebatuan.

Di seberang Taman Kenrokuen Kanazawa terdapat Istana Kanazawa yang merupakan kediaman keluarga pemimpin Maeda pada era 1500-1800-an.


Jika datang di musim semi, sekitar pertengahan Februari hingga akhir Maret, tepat sebelum musim mekar bunga sakura dimulai, pengunjung dapat melihat pohon plum mekar di selatan taman.

Pohon ceri, yang biasanya mekar sekitar pertengahan April, dapat ditemukan di sepanjang aliran sungai.

Lalu musim panas menjadi waktu mekar bebungaan cantik di sini.

Di musim gugur, dari sekitar pertengahan November hingga awal Desember, pengunjung dapat melihat pohon ceri dan maple yang banyak tumbuh di sisi timur taman berubah warna jadi oranye kemerahan.

Sementara itu saat musim dingin tak ada bunga atau pohon yang bermekaran. Oleh karena itu pengelola taman melindungi pepohonan pinus Karasaki khas Jepang yang tumbuh di sekitar Danau Kasumigaike dengan tenda kerucut.

Seperti yang dikutip dari Antara pada Senin (28/10), Taman Konrukeun Kanazawa buka mulai pukul 07.00-18.00 pada Maret hingga Oktober dan pukul 08.00-17.00 pada Oktober-Februari dengan tiket masuk 300 Yen (sekitar Rp38 ribu) per orang.

Pengunjung dapat menggunakan moda transportasi kereta dari Kanazawa Station yang langsung menuju Kenrokuen dengan lama perjalanan sekitar 15 menit.

Selain Taman Konrukeun Kanazawa, dua taman bersejarah lainnya di Jepang ialah Taman Kairakuen di Mito dan Taman Korakuen di Okayama.


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)