Cara Deteksi HIV, Kenali Gejala Sejak Dini

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 22:00 WIB
Cara Deteksi HIV, Kenali Gejala Sejak Dini Ilustrasi. Cara mendeteksi HIV dapat dilakukan dengan mengenali gejala-gejala yang muncul sejak dini. (Istockphoto/burakkarademir)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cara mendeteksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) dapat dilakukan dengan mengetahui gejala-gejala yang muncul sejak dini. Mengenali gejala sejak awal dapat membantu memastikan pengobatan yang tepat untuk mengendalikan perkembangan virus.

HIV menyerang sistem imun tubuh yang berfungsi untuk melawan berbagai infeksi. Jika tak ditangani, HIV akan menggerogoti sel T yang bertugas untuk membantu fungsi sistem imun. Akibatnya, tubuh penderita akan sangat rentan terhadap infeksi.

Infeksi HIV tak selalu menimbulkan gejala yang nampak. Gejala dapat bervariasi tergantung pada tahapan penularan.

Pada fase pertama, kebanyakan orang mengalami gejala serupa flu. Meski sulit dibedakan dengan infeksi saluran pencernaan atau pernapasan, namun tanda awal ini dapat menjadi cara terbaik untuk mendeteksi HIV sejak dini.

Mengutip Healthline, gejala HIV fase pertama umumnya meliputi:
  1. Sakit kepala
  2. Demam
  3. Kelelahan
  4. Pembengkakan kelenjar getah bening
  5. Sakit tenggorokan
  6. Sariawan
  7. Ruam
  8. Nyeri otot dan sendi
  9. Bisul di mulut
  10. Bisul pada alat kelamin
  11. Keringat malam
  12. Diare
Gejala pada fase awal umumnya muncul satu hingga dua bulan setelah terinfeksi. Dalam beberapa kasus, gejala dapat muncul pada dua pekan setelah terinfeksi.

Penting untuk diingat bahwa gejala HIV tahap awal tak jauh berbeda dengan penyakit-penyakit umum lainnya. Setelah deteksi dini HIV dikenali, pastikan status penyakit dengan berkonsultasi langsung dengan medis atau pihak penyedia layanan tes HIV.

[Gambas:Video CNN]


(asr)