Melepaskan Stres dan Depresi Lewat Yoga

tim, CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 20:23 WIB
Melepaskan Stres dan Depresi Lewat Yoga Kesibukan padat, tumpukan pekerjaan tinggi, kemacetan bisa membuat orang jadi stres. Namun yoga bisa membantu mengatasinya. (jeviniya/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesibukan padat, tumpukan pekerjaan tinggi, kemacetan bisa membuat orang jadi stres.

Berangkat kerja saja sudah diawali dengan stres akibat kemacetan lalu lintas. Stres bertambah saat pekerjaan di kantor menumpuk. Kemudian saat pulang, lagi-lagi kemacetan dan harus dipadukan dengan rasa lelah dan letih.

Sulit untuk mengelak dari stres. Namun, Ini pun diakui praktisi yoga Pupu Paula. Aneka jalan keluar untuk berhadapan dengan stres ditempuh tapi ujung-ujungnya orang malah ke hal-hal negatif. Yoga bisa jadi salah satu alternatif positif untuk membantu melepaskan stres.


"Orang melihat yoga sebagai olahraga, work out. Padahal ini lebih ke work in. Dengan asana atau gerakan-gerakan yang menghubungkan pikiran dan hati," kata Pupu saat ditemui usai mengampu kelas yoga di gelaran Humanize Us di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat (23/11).

Mengapa yoga bisa membantu melepas stres?


Pupu berkata yoga mengajak orang untuk terhubung dengan dirinya sendiri. Orang diajak untuk menutup hal-hal di luar, fokus ke dalam diri. Mulai dari sini, sedikit demi sedikit yoga bisa membantu orang melepas luka batin, stres, depresi.

Yoga ada beragam jenis dan bentuk. Pupu mengatakan Anda bisa memilih yoga apapun untuk membantu tubuh lepas dari stres. Sebab pada prinsipnya, yoga membantu menghubungkan tubuh, pikiran dan hati.

"Semua yoga bisa, kembali ke kitanya siap enggak melepaskan [stres, depresi]. Kalau mau khusus untuk mental issue, bisa meditative yoga, yin yoga atau sound healing," imbuhnya.

Agar lebih tenang dengan latihan napas

Stres bisa datang kapan pun dan di mana pun. Pupu memberikan cara sederhana untuk bisa tetap tenang yakni dengan latihan napas.

Anda perlu duduk santai, rileks dalam kondisi mata terpejam. Tarik napas panjang, arahkan fokus pada aliran udara yang masuk lewat hidung, sampai ke tenggorokan. Kemudian hembuskan napas dan tetap fokus pada udara yang keluar. Dia menambahkan latihan napas ini juga bisa dilakukan saat jelang tidur dalam posisi berbaring.

"Setelah itu saya merekomendasikan untuk ke kelas yoga. Sekarang orang juga bisa yoga dengan melihat video Youtube. Cuma paling bagus ke studio. Saya yakin di kelas, bertemu dengan komunitas yang positif juga bisa membawa dampak positif buat Anda," jelasnya.


Sebelum ke kelas yoga, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Pupu menyarankan untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain. Biasanya ada pose-pose yang membuat orang tergoda untuk bisa melakukan hal serupa atau lebih baik dari yang lain. Sebaiknya Anda fokus pada tubuh sendiri dan menikmati latihan.

"Only you and your mat, hanya ada Anda dan matras," imbuhnya. (els/chs)