3 Strategi Sederhana Pangkas Asupan Kalori

Tim, CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 07:31 WIB
3 Strategi Sederhana Pangkas Asupan Kalori Ilustrasi. Memotong asupan kalori pada pola makan tak selalu berhasil menurunkan berat badan. (prudkov/thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memangkas asupan kalori jadi salah satu trik diet populer. Banyak orang percaya bahwa dengan asupan kalori yang berkurang, maka berat badan akan menurun.

Kalori jadi sumber energi bagi tubuh. Kalori juga menjadi kunci dari berat badan yang sehat.

Namun, memotong asupan kalori pada pola makan tak selalu memberikan perubahan pada tubuh. Banyak faktor yang memengaruhinya.

Jumlah kalori yang dibutuhkan setiap orang akan saling berbeda satu sama lain, tergantung pada tinggi badan, berat tubuh, dan tingkat aktivitas masing-masing.

Beragam aplikasi atau laman dapat membantu menghitung kebutuhan kalori harian Anda. Namun, tentu menghitung kalori yang tepat bukan perkara mudah.

Untuk mengatasinya, sejumlah strategi untuk menekan asupan kalori perlu dilakukan. Sejumlah strategi ini tak memerlukan penghitungan kebutuhan kalori atau memonitor asupan kalori yang ketat.

Berikut mengutip Healthline.

1. Jangan meminum kalori
Menekan asupan kalori akan lebih mudah jika dilakukan dengan cara menekan asupan minuman berpemanis. Beberapa contoh di antaranya minuman bersoda, jus buah (dengan tambahan gula dan susu), atau kopi. Minuman beralkohol juga mengandung banyak kalori.

Pada beberapa kasus, kalori pada minuman berpemanis justru bisa menambah berat badan, meningkatkan risiko gangguan jantung, dan diabetes.

2. Membatasi makanan olahan
Gula, lemak, dan garam adalah sejumlah bahan berbahaya dalam makanan olahan. Minuman berpemanis, fast food, dessert, dan sereal untuk sarapan pagi hanya akan mendorong Anda untuk makan lagi, lagi, dan lagi.

Sebagai penggantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang diproses secara sederhana. Makanan ini kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Pola makan yang fokus pada makanan yang diproses secara sederhana juga dapat melindungi Anda dari godaan overeating dan memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat.

Jika kini Anda tengah terbiasa mengonsumsi makanan olahan, coba lah untuk perlahan menggantinya dengan jenis makanan yang diproses secara sederhana.

Misalnya, Anda bisa mengganti sereal dengan oatmeal yang dipadu dengan buah. Atau, mengganti keripik dengan kacang almond sebagai camilan.

Masak menu makan sendiri
Menyiapkan masakan sendiri jadi cara terbaik untuk menjaga tubuh dari surplus kalori. Memasak membantu Anda mengontrol bahan-bahan yang digunakan dengan porsi sesuai.

Sebuah studi menunjukkan, orang yang memasak menu makan malamnya sendiri sebanyak 6-7 kali dalam sepekan mengonsumsi kalori yang lebih sedikit setiap harinya daripada mereka yang hanya masak 1 kali per pekan.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)


BACA JUGA