Yang Perlu Diketahui Turis Soal Kebakaran Hutan Australia

CNN Indonesia | Jumat, 03/01/2020 17:04 WIB
Yang Perlu Diketahui Turis Soal Kebakaran Hutan Australia Pemandangan kebakaran hutan di Bargo, Sydney, Australia. (PETER PARKS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelombang panas dan kebakaran hutan yang sedang melanda Australia masih terus berlangsung hingga pekan ini.

Meski demikian, Direktur Manajer Badan Pariwisata Australia, Phillipa Harrison, mengatakan kalau bencana tersebut tidak melanda seluruh Negara Kanguru, sehingga sejumlah destinasi masih aman didatangi turis.

Dikutip dari The Points Guy pada Jumat (3/1), dua destinasi yang paling terdampak cukup parah ialah New South Wales dan South Australia.


New South Wales dilanda kebakaran hutan, sementara South Australia mengalami gelombang panas yang ekstrem.

Bagi yang berencana mengunjungi Sydney, harus siap disambut dengan asap kebakaran hutan dan kekeringan air.

Namun tidak seluruh New South Wales dilanda dampak kebakaran hutan seperti Sydney.

Sebelum datang, sebaiknya menghubungi pihak hotel atau agen wisata untuk mencari informasi terkini mengenai dua hal tersebut.

Sementara itu turis yang berencana datang ke South Australia perlu bersiap dengan suhu panas yang ekstrem, terutama turis yang juga membawa serta anak kecil atau lansia.

Turis yang menjadwalkan tur ke kebun anggur juga perlu menghubungi lagi pihak hotel atau agen wisata, karena sejumlah kebun anggur di Adelaide terdampak gelombang panas ini.

Sama seperti Sydney, selain polusi dan kekeringan, gelombang panas di South Australia juga mengancam pasokan listrik.

Meski demikian, kawasan kebun anggur lain seperti McLaren Vale atau Barossa tak terdampak dan masih bisa dikunjungi.

Kawasan-kawasan lain yang masih aman dikunjungi dalam musim kebakaran hutan dan gelombang panas Australia ialah Victoria, Northern Territory, Tasmania, Queensland, dan Western Australia.

Perlu dicatat kalau penundaan sampai pembatalan penerbangan ke kawasan yang terdampak bencana ini pasti bakal terjadi. Selalu hubungi pihak maskapai penerbangan sebelum mendatangi bandara.

Bagi yang berencana wisata kemah atau karavan, ada baiknya menjauh kawasan yang sedang terlarang untuk didatangi.

Selalu simpan alamat situs resmi dan nomor telepon darurat pemerintah Australia selama berwisata di sana, sehingga bisa langsung meminta bantuan jika terjebak dalam kondisi yang tak diinginkan.

Informasi mengenai kebakaran hutan dan gelombang panas Australia bisa diketahui melalui situs resmi Badan Pariwisata Australia di sini.


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)


BACA JUGA