Jokowi: Wisata Indonesia Kalah Saing dari Malaysia, Singapura

CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 15:20 WIB
Jokowi: Wisata Indonesia Kalah Saing dari Malaysia, Singapura Ilustrasi. Turis mancanegara berwisata di Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Noveradika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menginginkan pariwisata di Indonesia dapat bersaing dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Berdasarkan data Travel and Tourism Competitiveness Index 2019, Indonesia masih berada di peringkat 40. Sementara secara berurutan Singapura di peringkat 17, Malaysia 29, dan Thailand 31.

Peringkat Indonesia diakui Jokowi memang meningkat sejak tahun 2015 ketika masih berada di peringkat 50.


Kemudian peringkat itu naik pada 2017 menjadi 42.

"Di tahun 2019 peringkat kita kembali naik meski hanya sedikit pada peringkat 40. Kalau dibandingkan dengan negara-negara tetangga kita, Singapura di peringkat 17, Malaysia 29, dan Thailand 31 saya kira ini menjadi catatan kita ke depan," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang 'Peningkatan Peringkat Pariwisata Indonesia' di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/2).

Indeks daya saing ini terdiri dari 4 sub index, yakni Enabling Environment (iklim yang mendukung), Travel and Tourism Policy and Enabling Conditioning (kebijakan dan kondisi yang mendukung pariwisata), Infrastruktur, dan Sumber Daya Alam dan Budaya.

Empat sub-index ini kemudian memiliki 14 pilar lain, serta 90 indikator yang memiliki angka dan ukuran masing-masing.

Jokowi mengatakan, Indonesia sejatinya memiliki lima keunggulan dibandingkan negara lain di bidang pariwisata mulai dari daya saing harga, prioritas kebijakan, daya tarik alam dan keterbukaan, daya tarik budaya, hingga kunjungan bisnis.

Namun ia tak menampik masih ada sejumlah kelemahan yakni di bidang lingkungan yang berkelanjutan, kesehatan dan kebersihan, infrastruktur pariwisata, keamanan, dan kesiapan teknologi informasi.

"Saya kira catatan-catatan ini harus kita jadikan dalam bekerja ke depan dengan target-target yang terukur dan jelas," katanya.

Sepanjang tahun 2019, jumlah kunjungan turis mancanegara ke Indonesia tercatat 16,1 juta orang. Jumlah tersebut naik sekitar 1 juta dari tahun sebelumnya, yakni sekitar 15,8 juta.

Sementara itu Singapura dikunjungi 19,1 juta turis mancanegara sepanjang tahun 2019, naik 3,3 persen dari tahun sebelumnya yakni 18,5 juta orang.

Lalu Thailand didatangi 39 turis mancanegara sepanjang tahun lalu atau naik 1 juta dari tahun sebelumnya,

Pemerintah Thailand mengatakan kalau sekitar 140 ribu turis mancanegara datang ke Negara Gajah Putih setiap harinya.

[Gambas:Video CNN]

(pris/ard)