Jenis Camilan yang Harus Dihindari Setelah Pukul 4 Sore

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 16:06 WIB
Jenis Camilan yang Harus Dihindari Setelah Pukul 4 Sore Ilustrasi: Saat ngemil sore, beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari demi berat badan dan kesehatan. (Foto: stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memakan camilan adalah kebiasaan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Sebuah studi pada tahun lalu bahkan menyatakan bahwa ngemil mampu meningkatkan produktifitas saat dapat giliran shift malam. Studi lain juga menemukan, separuh lebih remaja Indonesia sangat doyan ngemil. Hasil ini didapat dari survei terhadap 260an responden usia 18-25.

Tapi sebetulnya, ada anjuran kesehatan yang secara khusus membatasi waktu ngemil. Apalagi jika Anda sedang melakukan diet.

Terdapat jenis-jenis camilan yang harus Anda hindari sejak pukul empat sore. Antisipasi ini dilakukan untuk membantu Anda terhindar dari masalah berat badan.


Empat jenis makanan yakni roti putih, es krim, permen dan keripik kentang menurut Medical Daily berpotensi menambah berat badan jika Anda konsumsi sore hingga malam.


Roti putih
Sebagian dari Anda mungkin berpikir, ini hanya camilan ringan karena terbuat dari biji-bijian dan karbohidrat olahan. Tapi dengan begini, sebenarnya Anda makan lebih banyak karena jumlah seratnya yang rendah.

Tak seperti roti gandum, roti putih tak cukup efektif memberi rasa kenyang karena kandungan seratnya yang rendah. Justru, roti putih akan membuat Anda cenderung lebih banyak memakannya sehingga mengakibatkan berat badan.

Es krim
Panganan hasil pembekuan campuran susu dan pelbagai bahan lain ini jugab harus Anda hindari. Menurut Ahli Diet dan Kesehatan Edwina Clark, es krim adalah makanan yang mengandung sangat banyak karbohidrat.

"Dan makan banyak karbohidrat olahan akan membuat penumpukan lemak di perut," terang Edwina Clark dikutip dari Medical Daily.


Es krim memang jadi salah satu jenis camilan yang menggoda untuk mengisi sore hari Anda. Tapi menuruti keinginan ini hanya akan membuat bobot Anda bertambah besar. Jadi sebaiknya, pertimbangkan ulang sebelum mengikuti hasrat makan es krim sore hari.

Permen
Ngemil permen sangat tidak dianjurkan ketika Anda sedang dalam misi menurunkan berat badan. Permen dalam porsi yang sedikit sekalipun bukan berarti Anda mengonsumsi dalam jumlah yang kecil.

Kemungkinan Anda makan lebih banyak dari yang seharusnya. Dan jika ingin menghindari lemak, berhentilah mengonsumsi makanan manis. Atau setidak-tidaknya, mulailah mengurangi.


Keripik Kentang
Camilan ini umum dimakan saat menonton film, tentu saja lazimnya terjadi setelah pukul empat sore. Tapi faktanya, keripik kentang ini jadi camilan terburuk untuk dimakan dan karena itu harus dihindari.

Menurut Livestrong, mengonsumsi makanan berlemak, keripik atau gorengan adalah bentuk diet yang tidak sehat dan justru membuat berat badan bertambah.

Meskipun keripik kentang mengandung sedikit serat, protein dan nutrisi lain, namun tinggi sodium. Selain itu jumlah natrium yang berlebihan pun berbahaya bagi kesehatan. Penyakit jantung dan tekanan darah tinggi adalah dua masalah kesehatan khas akibat konsumsi natrium yang terlalu banyak.

Sekalipun penting untuk membatasi diri agar tak sembarangan memakan makanan yang menambah berat badan, tapi penting juga untuk memastikan proses pembuatan makanan. Usahakan makanan yang Anda konsumsi tersebut adalah olah alami, bukan makanan cepat saji yang menghambat proses metabolisme tubuh.

[Gambas:Video CNN]

(NMA/NMA)