Panduan Periksa Kesehatan Setelah Pulang dari Area Corona

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 29/02/2020 12:54 WIB
Panduan Periksa Kesehatan Setelah Pulang dari Area Corona Ilustrasi. Setelah kembali dari negara terdampak virus corona, Anda direkomendasikan untuk memonitor diri sendiri dengan memeriksa kesehatan selama 14 hari. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bepergian ke negara terdampak infeksi virus corona (COVID-19) seperti Malaysia, Singapura, Jepang, atau Korea Selatan sering kali tak bisa dihindarkan. Perjalanan pekerjaan, menghadiri acara penting, atau sudah terlanjur membeli tiket perjalanan untuk traveling menjadi alasan ke luar negeri tak bisa dibatalkan.

Namun, tak usah panik atau khawatir. Perjalanan tetap boleh dilakukan dengan selalu memprioritaskan tindak pencegahan seperti makan makanan bernutrisi tinggi, istirahat yang cukup, dan rajin mencuci tangan.

Setelah kembali dari negara terdampak virus corona, direkomendasikan untuk memonitor diri sendiri dengan memeriksa kesehatan selama 14 hari.


Berikut panduan memeriksa kesehatan setelah dari negara terdampak corona.

1. Memeriksa suhu tubuh
Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Erlina Burhan mengatakan, setiap orang yang kembali dari negara terdampak corona harus memeriksa suhu tubuh dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Suhu tubuh di atas 37 derajat Celcius mesti diperiksa ke layanan kesehatan seperti puskesmas, klinik atau praktik dokter, atau rumah sakit.

"Suhu tubuh normal adalah 37 derajat Celcius, kalau ada indikasi kenaikan segera kunjungi layanan kesehatan," kata Erlina kepada CNNIndonesia.com, Jumat (28/2).

2. Menyadari gejala
Selain suhu tubuh, kenali pula tanda dan perubahan yang pada diri. Gejala seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, badan lemas, sendi nyeri segera periksa ke layanan kesehatan dan mengikuti tata laksana perawatan.

Jika memiliki gejala berupa batuk dan bersin, pakai masker untuk mencegah penyebaran kepada orang lain.

3. Tidak bepergian
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang yang kembali dari negara terdampak virus corona untuk tinggal di rumah dan tidak bepergian selama 14 hari. WHO juga meminta perusahaan untuk mengizinkan karyawan bekerja dari rumah.

Pemerintah Indonesia belum mengadopsi peraturan ini. Namun, Erlina tetap menyarankan jika pekerjaan bisa dilakukan dari rumah, sebaiknya dilakukan di rumah saja.

"Kalau yang bekerja memang menjadi dilema. Sebagai antisipasi, sebaiknya selama 14 hari jangan bepergian dulu, tetap di rumah," tutur Erlina yang juga merupakan spesialis paru di RSUP Persahabatan.

4. Memperkuat daya tahan tubuh
Orang yang kembali dari negara terdampak virus corona juga dianjurkan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Memperkuat sistem imun dapat dilakukan dengan makan makanan seimbang dan bernutrisi tinggi, istirahat yang cukup, dan berolahraga.

5. Mencuci tangan
Selalu rutin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air, alkohol, dan antiseptik. Tangan merupakan metode penyebaran virus yang paling cepat. Jangan memegang wajah dengan tangan yang kotor.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)