5 Pemicu Diabetes Melitus

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 13:28 WIB
Diabetes dapat terjadi pada siapa saja. Pilihan gaya hidup dapat menjadi pemicu diabetes melitus. Ilustrasi. Pilihan gaya hidup dapat menjadi pemicu diabetes melitus. (Pixabay/stevepb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Diabetes tipe 2 merupakan penyakit kronis yang dapat terjadi pada siapa saja. Gaya hidup dapat menjadi pemicu diabetes tipe 2 atau diabetes melitus ini.

Diabetes tipe 2 terjadi saat tubuh tidak dapat merespons atau menghasilkan insulin yang cukup sehingga kadar gula atau glukosa menumpuk dalam aliran darah. Diabetes tipe 2 tidak dapat disembuhkan tapi bisa dikontrol.

Diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kadar glukosa darah menjadi sangat tinggi. Kondisi ini bisa berujung komplikasi penyakit seperti jantung.


Diabetes tipe 2 dapat dipicu oleh beberapa hal. Kenali penyebab diabetes tipe 2 untuk mencegah penyakit kronis ini menggerogoti tubuh.

Berikut 5 pemicu diabetes tipe 2.

1. Kelebihan berat badan
Kelebihan berat badan atau obesitas berarti tubuh memiliki lebih banyak jaringan lemak. Dikutip dari Healthline, kondisi ini membuat sel lebih kebal terhadap insulin sehingga tubuh menjadi resistan pada insulin dan menyebabkan diabetes tipe 2.

2. Tidak melakukan aktivitas fisik
Tidak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dapat membuat tubuh resistan pada insulin sehingga memicu diabetes tipe 2. Olahraga teratur akan membuat tubuh mengolah glukosa dan membantu sel merespons insulin lebih baik.

3. Makan makanan olahan dan berpemanis
Konsumsi makanan olahan dan yang diproses seperti junk food serta makanan/minuman dengan pemanis buatan dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi dapat memicu resistansi insulin dan menyebabkan diabetes tipe 2.

4. Kadar asam lemak
Penelitian terbaru menunjukkan, kadar asam lemak yang tinggi menjadi penyebab diabetes tipe 2. Studi yang dilakukan pada tikus mendapati, kadar asam lemak yang naik terlalu tinggi dapat meningkatkan produksi insulin yang dapat berujung pada resistensi dan menyebabkan diabetes tipe 2. Hasil yang sama juga ditunjukkan oleh pengukuran pada manusia.

Sejumlah makanan yang mengandung asam lemak jenuh adalah susu, keju, mayones, daging merah, dan daging olahan.

5. Stres
Tekanan atau stres yang dirasakan juga dapat menjadi pemicu diabetes tipe 2. Dikutip dari Every Day Health, saat stres, tubuh mengeluarkan hormon kortisol. Paparan kortisol dalam waktu lama dikaitkan dengan penurunan sensitivitas insulin dan memicu diabetes tipe 2.

Hindari 5 pemicu diabetes tipe 2 dan tetap jalani hidup sehat untuk mencegah diabetes melitus.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)