FOTO: Luapan Ekspresi dalam Lenggok Model Transgender di AS

AP PHOTO, CNN Indonesia | Sabtu, 14/03/2020 00:35 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan transgender AS dari usia remaja hingga lanjut usia berlenggak-lenggok di atas runway mengekspresikan identitas gender mereka.

Pada awal pekan ini, puluhan transgerder berusia 8-78 tahun melenggak-lenggok di atas runway dalam sebuah peragaan busana yang digelar oleh Trans Club of New England, Amerika Serikat. (AP Photo/Wong Maye-E)
Mereka berjalan menyusuri runway dan tampil bak seorang putri dengan balutan gaun berbahan tulle yang menyapu lantai. Lengkap pula dengan sepatu hak tinggi yang menutupi kaki jenjangnya. (AP Photo/Wong Maye-E)
Acara ini digelar secara rutin selama empat dekade ke belakang oleh Trans Club of New England. Acara dianggap sebagai perayaan identitas dan ekspresi gender seseorang. Sebuah perayaan tentang siapa mereka, dan bukan tentang apa yang mereka kenakan. (AP Photo/Wong Maye-E)
Mulanya, acara ini hanya menghadirkan belasan crosdresser yang berkumpul dalam sebuah konferensi. Namun, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya peserta, acara ini menjadi semacam kampanye atas ekspresi gender yang secara khusus diaplikasikan dalam bentuk peragaan busana. (AP Photo/Wong Maye-E)
Salah satu peserta, Julie Gregory (57) mengingat masa remajanya. Saudara perempuannya kerap mengejeknya saat dia berdandan tak ubahnya kaum hawa. (AP Photo/Wong Maye-E)
Padahal, menjadi seorang perempuan membuat Julie lebih percaya diri.
Berbeda kisah, Lisa Smith bisa hidup sebagai seorang laki-laki ataupun perempuan. Dia bahkan telah menjalani mahligai rumah tangga bersama sang istri selama 44 tahun. Gaun-gaun favorit yang dikenakan membuatnya menjadi seorang Lisa.
Sementara di usia yang lebih muda, Asher (12) percaya diri dengan tampil sebagai seorang perempuan. Sang ibu menyadari status non-biner yang dimilike si buah hati dan tetap mendukungnya.