Cara Kencan Aman di Tengah Terpaan Wabah Corona

tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2020 19:13 WIB
Cara Kencan Aman di Tengah Terpaan Wabah Corona Tak hanya berpengaruh pada urusan pekerjaan, virus corona pun berpengaruh pada kencan dan percintaan. (Istockphoto/Feverpitched)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perkembangan terkini, jumlah kasus positif virus corona (covid-19) di Indonesia meningkat jadi 227 kasus dengan jumlah kematian sebanyak 19 orang. Masyarakat diimbau untuk sebisa mungkin berada di rumah untuk mencegah penularan.

Tak hanya berpengaruh pada urusan pekerjaan, virus corona pun berpengaruh pada kencan. Bisa saja virus corona jadi ancaman buat hubungan romantis dengan si dia. Pasangan yang sebenarnya tinggal di kota yang sama malah terpaksa menjalin hubungan ala LDR karena imbauan social distancing.

Akan tetapi, ada beberapa strategi untuk bisa tetap berkencan di tengah era corona agar tetap romantis bersama si dia.


1. Manfaatkan aplikasi kencan

Saatnya berpikir ulang untuk mengunduh aplikasi kencan daring. Anda yang menyukai kencan konvensional mungkin merasa tak nyaman untuk mengobrol dengan orang yang sama sekali tak bisa dibaca gestur dan ekspresi wajahnya. Namun demi keamanan, aplikasi kencan sangat disarankan.

Aplikasi kencan membuat Anda bebas menentukan pilihan dan melemparkan godaan bahkan tanpa berpindah tempat. Tak perlu takut membuat langkah terlebih dulu. Bahkan virus corona bisa jadi topik obrolan.

Namun ini hanya disarankan bagi Anda yang masih jomblo.


2. Media sosial

Sejak sebelum era corona, media sosial memang dimanfaatkan para pasangan kencan atau mencari pasangan kencan. Namun kini penggunaannya bakal lebih masif mengingat Anda diimbau untuk tidak keluar rumah.

Anda bisa memanfaatkan aneka fitur yang disediakan dan coba untuk lebih kreatif dengannya. Keisengan mengedit foto lalu diunggah di media sosial bisa saja menarik perhatian calon pasangan kencan potensial.

3. Berkirim foto atau video

Whatsapp, Instagram, Facetime, juga aplikasi lain memiliki fitur berkirim pesan lewat video. Ini jadi cara ampuh tetap terkoneksi dengan si dia tanpa harus bertemu secara fisik.

Malah lewat video atau panggilan video, Anda bisa mengajak si dia makin terlibat dalam hari-hari Anda. Secara virtual, Anda seolah bisa menghadirkan dia di dapur sehingga acara memasak pun tak bakal kesepian.

4. Saat ingin bertemu

Keinginan untuk bertemu memang selalu ada. Mungkin hanya sekali atau dua kali dalam seminggu agar hubungan tak hambar. Pertimbangkan untuk memilih tempat yang agak sepi seperti bistro bar sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.



Tak perlu berpelukan atau bersalaman, cukup lambaikan tangan. Sepakati ini sebelum pergi berkencan. Juga untuk pesanan makanan, sebaiknya pesan makanan untuk dinikmati sendiri-sendiri, bukan untuk dikonsumsi berdua.

5. Ambil langkah pencegahan

Jika orang yang Anda ajak bertemu tampak kurang sehat, penting untuk melakukan langkah pencegahan. Erika Schwartz, pendiri grup kesehatan Evolved Science, New York City, mengingatkan untuk tidak berpelukan, berciuman atau berjabat tangan.

"Pastikan Anda sering mencuci tangan dan tidak berbagi makanan, minuman,"kata Schwartz melansir dari Refinery29. (els/chs)