7 Cara Membuat Rumah Wangi Sepanjang Waktu

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 12/04/2020 16:16 WIB
Bau tak sedap akan membuat kegiatan di rumah terasa tak menyenangkan. Berikut cara sederhana untuk membuat rumah tetap wangi sepanjang waktu. Ilustrasi. Beberapa cara sederhana bisa dilakukan untuk membuat rumah wangi sepanjang waktu. (amarjits/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berada di rumah seharian bakal terasa tak nyaman jika seluruh ruang menghadirkan bau tak sedap. Beberapa cara sederhana bisa dilakukan untuk membuat rumah tetap wangi sepanjang waktu.

Konon, setiap rumah memiliki aroma yang unik. Beberapa rumah punya aroma yang lebih sedap daripada yang lain.

Bau tak sedap bisa muncul dari mana saja. Mulai dari tumpukan baju kotor hingga tempat sampah yang belum dibersihkan.


Melansir Good Housekeeping, berikut cara sederhana membuat rumah tetap wangi sepanjang waktu.

1. Bersihkan pembuangan wastafel
Apakah ada bau menyengat di dapur Anda? Jika iya, bisa jadi penyebabnya adalah lubang pembuangan di wastafel.

"Untuk menghilangkan bau, berikan sedikit sabun cuci piring beraroma lemon ke dalam lubang pembuangan dan biarkan mengalir bersama air," ujar desainer interior, Keita Turner.

2. Membuat karpet tetap segar
Tak seperti lantai ubin dan kayu, karpet mampu menyerap berbagai bau tak sedap. Apalagi jika sebelumnya banyak makanan yang tumpah atau karpet menjadi 'ladang' bermain hewan-hewan peliharaan kesayangan.

Taburkan baking soda ke atas karpet dan diamkan selama beberapa jam sebelum Anda menyedot debunya. Metode yang sama juga berlaku untuk tempat tidur.

3. Bersihkan tempat sampah
Kombinasi dari sisa makanan dan sampah kering menciptakan bau tak sedap. Tempat sampah bisa menimbulkan bau yang sangat tak nyaman untuk dihirup.

Taburkan baking soda di tempat sampah. Semprot dengan cairan disinfektan untuk membunuh bakteri yang tersisa.

4. Rebus rempah-rempah dan buah
Cara ini boleh dibilang aneh. Tapi merebus rempah-rempah bersamaan dengan buah dalam satu panci bisa memberikan aroma harum pada ruangan.

"Rebus air dan tambahkan irisan jeruk serta rempah-rempah seperti lavender atau daun mint," ujar desainer interior, Rhobin DelaCruz.

Panas dapat menyerap aroma wangi di seluruh rumah. Pilihan aroma bisa disesuaikan dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

5. Menyimpan lilin wangi di seluruh sudut
Lilin wangi adalah cara tepat untuk membuat rumah tetap harum. Tak perlu dinyalakan, cukup disimpan.

"Simpan beberapa lilin di tempat-tempat tertentu, tapi jangan nyalakan," ujar desainer interior Dee Murphy.

6. Simpan tanaman
Selain mempercantik rumah, keberadaan tanaman di dalam ruang juga berfungsi untuk membersihkan udara. Banyak tanaman seperti melati, eucalyptus, dan gardenia menawarkan wewangian yang menyenangkan.

7. Taruh pewangi di ventilasi udara
Taruh atau gantungkan pewangi di setiap ventilasi udara. Saat udara berembus, aroma wangi akan tersebar ke seluruh ruangan. (asr/asr)

[Gambas:Video CNN]