Atasi Cemas dengan 3 Langkah Awal Berkebun

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 06:23 WIB
Atasi Cemas dengan 3 Langkah Awal Berkebun Ilustrasi. Aktivitas berkebun dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan fokus, menurunkan kadar hormon pencetus stres, hingga memperbaiki kualitas hidup. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cemas jangan dibiarkan berlama-lama. Terlalu lama dibiarkan, cemas bisa semakin menjadi-jadi. Anda bisa mengatasinya dengan memulai aktivitas berkebun selagi masa isolasi diri seperti saat ini.

Beberapa penelitian menemukan, aktivitas berkebun memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Apalagi saat ini, kala pandemi Covid-19 seolah menjadi cobaan bagi kesehatan mental banyak orang.

Berkebun diklaim dapat mengurangi kecemasan, membantu meningkatkan fokus, menurunkan kadar hormon kortisol pencetus stres, hingga meningkatkan kualitas hidup.



Tanah disebutkan memiliki sifat antidepresan. Melansir Healthline, para peneliti menemukan bahwa bakteri yang ditemukan di tanah dapat membantu mengaktifkan sel-sel otak yang dapat memproduksi serotonin.

Berkebun telah digunakan sebagai alternatif terapi psikologi. Alih-alih mengatasi keruwetan pikiran Anda dengan kata-kata, lebih baik atasi dengan tangan Anda.

Berikut empat cara memulai aktivitas berkebun untuk meredam kecemasan.

1. Mulai dengan mudah
Satu hal yang harus diingat, jangan sampai aktivitas berkebun yang dipilih justru membuat Anda stres.

Pilih lah tanaman yang mudah dirawat seperti jenis sukulen. Anda bisa memulainya dengan tanaman lidah buaya atau kaktus. Tanaman jenis sukulen tak akan membuat Anda repot karena tak perlu disiram setiap hari.

2. Evaluasi ruang yang dimiliki
Setelah memikirkan jenis tanaman yang dipilih, saatnya bagi Anda untuk menentukan ruang berkebun yang akan digunakan.

Banyak alternatif yang tersedia. Jika Anda memiliki kebun belakang yang luas dan tersisa, gunakan sepetak tanah khusus untuk aktivitas berkebun. Atau, untuk lebih meminimalisasi ruang, Anda bisa memilih balkon atau teras rumah. Tanaman juga bisa Anda gantung atau simpan di atas meja.

Namun, Anda juga harus memerhatikan situasi pencahayaan. Tanaman sukulen umumnya tak terlalu membutuhkan banyak sinar matahari. Beberapa jenis bahkan bisa ditanam di dalam ruangan.

3. Pilih yang membuat Anda bahagia
Berkebun bisa menjadi peluang besar untuk melambangkan sesuatu yang istimewa bagi Anda.

Pertimbangkan urusan aroma, warna, atau fungsi yang membuat Anda bahagia. Anda disarankan untuk mencoba chamomile demi mendapatkan aroma yang menenangkan. Tanaman berwarna biru dan hijau juga bisa memberikan efek menenangkan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih tanaman berdasarkan fungsinya. Misalnya, tanaman yang bisa dijadikan bahan memasak di dapur seperti kemangi.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)