7 Manfaat Tidur Siang bagi Orang Dewasa

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 10:35 WIB
Ilustrasi Otak Ilustrasi. Tak hanya untuk anak, orang dewasa juga bisa mendapatkan manfaat dari tidur siang. (Istockphoto/Deagreez)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak cuma anak-anak yang bisa tidur siang. Orang dewasa juga bisa mendapatkan manfaat dari tidur siang.

Tidur siang merupakan periode tidur singkat yang biasanya dilakukan pada siang atau sore hari. Banyak yang beranggapan bahwa tidur siang menjadi cara terbaik untuk bersantai dan memulihkan tenaga.

Namun, tidur siang tak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu memperhatikan durasi tidur siang.


Mengutip laman Sleep Foundation, sejumlah peneliti menemukan bahwa tidur siang selama lima menit terlalu pendek untuk mengalami tahapan tidur dan mendapatkan manfaat terbaik.

Di sisi lain, tidur siang lebih dari 30 menit memberikan tubuh cukup waktu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Namun, tidur siang terlalu lama--lebih dari 30 menit--dapat membuat Anda merasa pusing saat terbangun dan mengantuk kembali.

Tidur siang selama 10-20 menit dianggap ideal untuk memulihkan tubuh dan mendulang berbagai manfaat lainnya.

Berikut manfaat tidur siang, mengutip berbagai sumber.

ilustrasi buat tidur pakai kaus kakiIlustrasi. Demi mendapatkan manfaat maksimal, tidur siang harus dilakukan dalam durasi yang tepat. (iStockphoto/BlackSalmon)

1. Meningkatkan produktivitas

Mengutip Healthline, berbagai penelitian menemukan, tidur siang 10-30 menit dapat meningkatkan kinerja dan membuat seseorang lebih produktif dalam bekerja.

Tidur siang terbukti dapat memperbaiki kecepatan psikomotor, waktu reaksi, dan kewaspadaan yang dapat berpengaruh terhadap kinerja seseorang.

2. Meningkatkan keterampilan belajar

Berbagai penelitian menunjukkan, tidur siang dapat meningkatkan keterampilan belajar. Tak hanya meningkatkan fokus dan memori, tapi juga membantu Anda mempelajari dan menyimpan informasi.

Manfaat tidur siang saat belajar dimulai sejak dini. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa tidur siang membuat bayi lebih mudah dalam mempelajari bahasa.

3. Menurunkan tekanan darah

Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Studi tahun 2019 ini menemukan, tidur siang sama bermanfaatnya seperti mengurangi asupan garam dan alkohol.

Studi menemukan, tidur siang rata-rata menurunkan tekanan darah sebesar 5 mm/Hg. Kondisi ini secara tidak langsung dapat menurunkan risiko serangan jantung.

4. Memperbaiki suasana hati

Tidur siang bisa meningkatkan mood Anda. Tidur siang meningkatkan energi dan membantu Anda mengatasi mood yang merosot di sore hari. Tidur siang juga dikaitkan dengan perasaan positif.

5. Meredam stres

Saat Anda berada di bawah tekanan, maka Anda disarankan untuk tidur siang. Mengutip Web MD, para ahli percaya tidur siang dipercaya dapat membantu meredam stres dan meningkatkan kesehatan mental.

6. Lebih kreatif

Fase tidur REM atau rapid eye movement mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan imajinasi dan mimpi. Fase tidur REM ini juga bisa muncul dalam tidur siang.

Tidur siang dengan kehadiran fase REM dapat membantu Anda menemukan ide-ide baru atau jawaban atas permasalahan yang sedang dihadapi.

7. Tidur malam yang lebih nyenyak

Tidur siang dapat membantu orang dewasa dan kelompok lansia meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Studi menunjukkan, tidur siang 30 menit antara jam 1-3 siang, dikombinasikan dengan olahraga ringan seperti jalan kaki dan peregangan sebelum tidur, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK