Diet Gastritis: Makanan Tepat untuk Penderita Radang Lambung

tim, CNN Indonesia | Rabu, 15/07/2020 07:10 WIB
Ilustrasi salad Gastritis merupakan kondisi radang di perut yang dapat menimbulkan asam lambung dan sejumlah gejala seperti nyeri di ulu hati, kembung, mual, dan muntah.(Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gastritis merupakan kondisi radang di perut yang dapat menimbulkan asam lambung dan sejumlah gejala seperti nyeri di ulu hati, kembung, mual, dan muntah. Gastritis dapat dikelola dengan pola makan atau diet yang tepat. Makanan yang tepat untuk penderita radang lambung dapat membuat kondisi membaik.

Pola makan berperan penting pada kesehatan perut dan pencernaan. Diet yang ramah gastritis dapat membantu meringankan gejala. Konsumsi makanan yang dapat meringankan radang dan hindari pula makanan yang dapat memperparah radang.

Berikut makanan yang baik untuk penderita gastritis alias radang lambung:


1. Makanan berserat tinggi

Konsumsi makanan berserat tinggi seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang dapat meredakan peradangan dan mudah dicerna.

2. Makanan rendah lemak

Pilih pula makanan rendah lemak seperti ikan dan daging tanpa lemak. Lemak sulit dicerna dan dapat membuat lapisan dinding perut luka.

3. Makanan rendah asam

Konsumsi pula makanan dengan tingkat keasaman yang rendah. Makanan yang tinggi asam akan membuat radang semakin para. Asam lambung juga dapat meningkat dengan cepat.

4. Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik juga baik dikonsumsi penderita radang lambung. Dikutip dari Health Line, 90 persen gastritis disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Probiotik dapat melawan bakteri tersebut.

Makan dalam porsi kecil, tapi sering juga dapat meringankan gejala gastritis.

Berikut makanan yang mesti dihindari penderita gastritis.
1. Alkohol
2. Kopi
3. Makanan asam
4. Makanan berlemak
5. Makanan yang digoreng
6. Minuman berkarbonasi
7. Makanan pedas.

Makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada perut sehingga memperparah gastritis.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]