7 Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Pagi

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2020 20:55 WIB
Ada sejumlah kebiasaan memulai pagi yang justru akan memperburuk hari Anda. Karena itu, hindari beberapa kebiasaan berikut agar hari-hari Anda tak merepotkan. Ilustrasi: Ada sejumlah kebiasaan memulai pagi yang justru akan memperburuk hari Anda. Karena itu hindari beberapa kebiasaan berikut agar hari-hari Anda tak merepotkan. (Foto: CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apa yang Anda lakukan saat bangun tidur? Hampir bisa dipastikan Anda tidak mandi seperti yang digaungkan sebuah lagu masa kecil.

Kebiasaan setiap orang memang berbeda. Namun yang penting disadari, cara Anda memulai pagi bakal bakal berpengaruh ke beberapa jam setelahnya bahkan sepanjang sisa hari.

"Kebiasaan pagi yang sehat membuat nuansa positif baik secara fisik maupun emosional selama seharian. Dengan melakukan aktivitas yang menghubungkan kesehatan fisik, psikologis dan spiritual di pagi hari, Anda akan lebih waspada, berenergi dan siap untuk mencapai target-target harian," jelas psikolog Joel B.Ingersoll dikutip dari Bustle.


Pastikan Anda memiliki kebiasaan pagi yang sehat untuk memulai hari dan perlahan mulai menyingkirkan kebiasaan-kebiasaan seperti berikut dari daftar Anda.

1. Mengandalkan tombol 'Snooze'

Jika Anda mengandalkan alarm untuk bangun, ini tak jadi soal. Tapi bakal jadi persoalan kalau Anda mengandalkan fitur 'Snooze'. Fitur ini memungkinkan Anda memiliki perpanjangan waktu untuk kembali menarik selimut.

"Saat Anda menekan tombol 'snooze', Anda mengacaukan siklus tidur dan Anda malah jadi lebih ngantuk dibanding jika Anda langsung bangun saat alarm berbunyi," kata ahli saraf Sanam Hafeez.

Selain siklus tidur, Anda juga mengacaukan jam biologis tubuh yang memberitahu kapan musti bangun dan tidur. Kebiasaan ini bakal membuat Anda lebih susah bangun.

2. Melewatkan sarapan

Sarapan terbukti membantu Anda lebih fokus, memberikan energi dan menjaga Anda tetap kenyang sehingga tidak makan berlebih. Hafeez menyarankan untuk menyediakan menu sarapan yang sehat.

"Jika Anda buru-buru, ambil sekantung sereal instan atau yogurt untuk disimpan di dalam tas hingga Anda tiba di satu tempat dan bisa makan," kata dia menyarankan.

Ilustrasi SerealIlustrasi: Sarapan jadi faktor penting untuk membangkitkan energi dan membuat Anda lebih fokus. Jadi jangan tinggalkan sarapan setiap memulai pagi. (Foto: ponce_photography/Pixabay)

3. Jendela tertutup sepanjang waktu

Sinar matahari sangat Anda perlukan untuk memulai hari. Menurut Hafeez, sinar matahari mampu menciptakan mood positif dan mengatur jam biologis tubuh.

"Makin banyak sinar makin bagus, jadi buka tirai jendela segera setelah beranjak dari kasur," imbuh dia.

Tak hanya itu, menurut riset yang diterbitkan di jurnal PLOS One paparan sinar matahari berhubungan dengan indeks massa tubuh lebih rendah.

4. Ngopi pagi

Kopi memang diakui memiliki manfaat positif buat kesehatan. Namun sebaiknya Anda tidak terus-terusan mengandalkan kopi untuk menopang kantuk akibat lelah dan kurang tidur semalam.

"Kopi itu enak dan tidak ada masalah dengan minum secangkir, tapi jika Anda lelah di pagi hari, Anda harus berusaha tidur lebih banyak di malam hari, berolahraga di pagi hari untuk bangun atau sarapan sehat," kata Ilyse Schapiro, ahli gizi salah satu penulis 'Should I Scoop Out My Bagel?'.

5. Bikin keputusan di saat mepet

Buat pagi Anda seefektif mungkin dengan mencicil apa yang bisa dicicil saat malam. Anda bisa menyiapkan pakaian kerja, makan siang dan kunci motor di dekat pintu.

"Hilangkan keputusan-keputusan kecil yang bakal mengurangi kekuatan pengambilan keputusan terlalu awal saat pagi, seperti memutuskan mau pakai apa atau mau sarapan apa. Inilah mengapa orang-orang sukses mengenakan 'seragam' yang sama tiap hari," ujar Melody J. Wilding, performance and leadership coach.

6. Mengecek ponsel

Sebagian orang terbiasa mengecek telepon seluler atau ponsel saat membuka mata. Ponsel jadi benda pertama yang dilihat ketika bangun tidur.

Tak bisa dimungkiri, bagi sebagian orang, ponsel jadi perangkat yang sulit dilepaskan. Beberapa menjadi terbantu dan dimudahkan karena keberadaan ponsel. Tapi menjadikan ponsel 'yang pertama' di pagi hari Anda bukanlah hal yang bijak.

"Psikolog tidak merekomendasikan ini, karena mereka meyakini ini membuat orang tidak bahagia dan menurunkan produktivitas sepanjang hari. Ambil waktu di pagi hari, sebelum mengecek ponsel. Anda bisa membaca buku, berjalan-jalan atau meditasi," tutur Hafeez.

gokreator aplikasi ponsel smartphoneIlustrasi: Kebiasaan mengecek ponsel saat pagi sebaiknya diganti dengan membaca buku atau berjalan-jalan. Karena sejumlah ahli meyakini membuka ponsel saat bangun tidur dapat menurunkan produktivitas seseorang. (Foto: dok. gokreator)

7. Memikirkan yang terburuk

Sebagian orang begitu antusias memulai hari. Antusiasme ini kadang cenderung negatif dan menimbulkan rasa takut. Kebiasaan ini malah memperbudak pikiran dengan hal buruk yang belum tentu terjadi.

"Tentukan pagi Anda dengan kegiatan yang menyenangkan dan bacaan inspiratif untuk awal yang positif," kata Ingersoll.

(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK