7 Biji-bijian yang Baik Dikonsumsi untuk Cegah Penyakit

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 05:30 WIB
Konsumsi biji-bijian yang kaya akan nutrisi dapat menjaga kesehatan dengan mengontrol kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. Ilustrasi. Konsumsi biji-bijian yang kaya akan nutrisi dapat menjaga kesehatan dengan mengontrol kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. (nonnatthapat/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Biji-bijian merupakan bahan makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit. Biji-bijian adalah bakal dari tumbuhan sehingga mengandung banyak gizi dan nutrisi penting.

Biji-bijian kaya akan serat dan juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat serta lemak tak jenuh ganda. Kandungan vitamin dan mineral juga membuat biji-bijian memiliki sifat antioksidan yang tinggi.

Studi menunjukkan, konsumsi biji-bijian dapat menjaga kesehatan dengan mengontrol kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah.


Berikut tujuh biji-bijian yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit.

1. Chia seeds

Biji chia dikenal sebagai makanan super. Sekitar 1 ons chia memiliki hampir 10 gram serat. Biji chia mengandung polifenol antioksidan yang baik untuk tubuh.

Konsumsi chia secara rutin dapat meningkatkan asam lemak omega-3 dalam darah yang dapat membantu mengurangi peradangan. Biji chia juga membantu mengurangi gula darah. Dikutip dari Healthline, studi lain mendapati biji chia mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

2. Padi liar atau wild rice

Padi liar bukan-lah beras, melainkan benih rumput. Padi liar mengandung protein yang tinggi dibandingkan biji-bijian lainnya. Padi liar juga mengandung lebih banyak antioksidan dibanding beras putih.

Dikutip dari Web MD, padi liar juga memiliki nutrisi penting seperti folat, magnesium, fosfor, seng, vitamin B6, dan niasin. Semua nutrisi ini baik untuk kesehatan tulang dan pembuluh darah.

3. Biji labu

Jangan buang biji labu saat mengolah buah ini. Biji labu kaya akan magnesium dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung. Biji labu juga menghasilkan energi dan memperkuat otot.

4. Biji buah delima

Biji buah delima atau pomegranate seeds kaya akan vitamin C dan antioksidan. Biji buah delima juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

5. Biji gandum

Biji gandum atau quinoa kaya akan protein dan bebas gluten. Quinoa merupakan satu dari sedikit makanan yang mengandung semua atau sembilan asam amino esensial.

Biji gandum dapat membantu menjaga kadar gula darah, menjaga metabolisme, dan mencegah berbagai penyakit kronis.

6. Biji rami

Biji rami atau m adalah biji-bijian yang tinggi asam lemak omega-3. Kandungan ini baik untuk jantung dan pembuluh darah. Biji rami juga mengandung banyak serat.

Studi menunjukkan biji rami dapat menurunkan tekanan darah.

7. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau juga dikenal dengan kuaci baik untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Biji bunga matahari mengandung vitamin E dan lemak sehat yang tinggi.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]