Tren Tanaman Kaktus Hias, Jenis dan Cara Merawatnya

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2020 20:58 WIB
Cactus plants in white flower pots arranged by size and length of thorns Tren tanaman kaktus hias menjadi populer karena tahan di berbagai kondisi dan minim perawatan. Berikut jenis kaktus hias indoor dan cara merawatnya. (Foto: Istockphoto/Drazen_)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman kaktus hias tengah menjadi tren khususnya di masa pandemi virus corona (covid-19) seperti saat ini. Selain menjadi hobi baru, tren tanaman kaktus hias dapat dijadikan ladang bisnis bagi para pelaku budidaya.

Tren tanaman kaktus hias menjadi populer bukan tanpa alasan. Kaktus merupakan jenis tanaman hias yang tangguh dalam kondisi apa pun. Kaktus dapat bertahan hidup dalam kondisi gersang karena punya mekanisme penyimpan air di dalamnya.

Ini menjadi cocok bagi orang-orang sekarang yang sibuk dan tak punya banyak waktu untuk perawatan, namun tetap ingin memelihara tanaman hias indoor sebagai dekorasi alami.



Rekomendasi Tanaman Kaktus Hias

MelansirGreen and Vibrant, berikut rekomendasi tanaman kaktus hias yang dapat dijadikan referensi apabila ingin serius melakoni hobi menyenangkan ini.

1. Acanthocalycium Thionanthum

[Gambas:Instagram]

Jenis kaktus hias yang satu ini paling umum dijumpai, dengan ciri khas bunga warna-warni yang tumbuh secara berkala dari balik duri-durinya.

Kaktus ini memiliki karakteristik kering, sehingga tak membutuhkan asupan air yang banyak. Oleh sebab itu, pastikan untuk menakar volume air dan mengatur waktu penyiraman seperti sekali hingga tiga kali dalam seminggu.

2. Gymnocalycium

[Gambas:Instagram]

Kaktus hias yang satu ini memiliki ciri khas bagian tubuh atasnya yang berwarna merah muda. Dengan postur tanaman yang mungil, Gymnocalycium dapat diletakkan di dalam wadah pot yang dipamerkan di atas meja atau sudut jendela.

Kaktus hias Gymnocalycium ini juga memiliki bentuk unik seperti tingkatan layer rumah susun. Selain itu, bentuknya yang hampir menyerupai bintang membulat, cocok ditempatkan pada pot berbentuk tabung simetris lingkaran.

3. Astrophytum

A plant with a special ability to adapt to the desert climate, as well. Unbelievable  that this family of plants have beautiful flowers. Let's know this plant a little bit.Tren tanaman kaktus hias: Jenis Astrophytum menjadi salah satu favorit kolektor kaktus. (Foto: iStockphoto/Jumbofoto)

Astrophytum memiliki bentuk dan tampilan yang sangat khas menyerupai bintang dan buah belimbing. Dengan duri ciri khas kaktus yang tak terlalu mendominasi.

Tanaman kaktus hias ini dapat menjadi pilihan untuk memberikan sentuhan manis pada meja belajar di kamar.

Selain itu, agar kaktus Astrophytum memiliki pertumbuhan yang baik, pemilik harus memperhatikan beberapa hal vital, yaitu usahakan untuk meletakkan kaktus ini di dalam ruangan dengan suhu sekitar 40 derajat Celcius.

4. Medusita

[Gambas:Instagram]

Sesuai dengan penamaannya yang diambil dari kata 'medusa' atau yang akrab dengan perempuan bersurai ular dari mitologi Yunani. Kaktus berjenis medusita juga memiliki bentuk yang hampir serupa.

Dengan postur tanaman keras dan menjuntai ke atas, tanaman ini mirip seperti kaki cumi-cumi yang diletakkan di atas pot.

Tanaman asli Meksiko ini, dapat menjadi pemanis ruangan yang dapat diletakkan di rak-rak estetik kekinian.

5. Haworthia Cactus Zebra

Zebra Haworthia pot in the nursery house waiting for planting in the gardenTren tanaman kaktus hias: Haworthia zebra memiliki bentuk yang unik cocok sebagai hiasan rumah yang aestetik (Foto: iStockphoto/arraymax)

Tanaman kaktus hias yang ini mampu membuat orang terpana, sebab persilangan warna yang dihasilkannya begitu apik. Perpaduan warna hijau dengan garis putih belang-belang membuatnya semakin artsy.

Selain itu, Haworthia Cactus Zebra hanya membutuhkan asupan matahari seadanya saja, sebab jika kepanasan maka warnanya lambat laun bakal memudar, atau parahnya daun kaktus akan mengering.

6. Ball Cactus

Ilustrasi Duri KaktusTren tanaman kaktus hias: Ball cactus dapat menghasilkan bunga berwarna kuning (Foto: Calvin teo/Wikipedia)

Kaktus yang memiliki nama latin Parodia magnifica ini memiliki postur tanaman yang menggemaskan. Seperti bola berduri tajam namun terlihat halus, kaktus ini cocok dijadikan aksesori di ruang tamu.

Tanaman hias ini memiliki warna duri kekuningan hingga keemasan, jika berbunga ia akan menghasilkan bunga kecil berwarna kuning.

Selain itu, pemilik harus berhati-hati sebab kaktus ini memiliki karakteristik sangat kering dan tidak menoleransi suhu dan embun dingin atau salju.

7. Living Rock

[Gambas:Instagram]

Kaktus ini tidak memiliki duri, namun memiliki tekstur yang kasar, bergelombang, dan tampak sedikit mengerikan. Kendati demikian, kaktus ini memiliki bunga yang indah berwarna merah magenta.

Kaktus dengan nama latin Ariocarpus confusus ini tak membutuhkan banyak asupan air. Kaktus living rock juga dapat bertahan di suhu hingga 10 derajat celcius.

8. Fairy Castle

[Gambas:Instagram]

Bak kastil dalam cerita dongeng, tanaman hias indoor satu ini memiliki bentuk yang cukup besar, tapi masih bisa diletakkan di pot dalam rumah.

Dengan nama latin Cereus Tetragonus, kaktus Fairy Castle cocok ditanam di dalam pot besar yang diletakkan di sudut ruangan sebagai pemanis.

9. Mistletoe

[Gambas:Instagram]

Kaktus hias asal Brazil ini memiliki bentuk yang unik. Biasanya orang Indonesia menggunakan hiasan kaktus Mistletoe dengan cara digantung di teras rumah, maupun beberapa sudut ruangan terbuka.

Tanaman hias gantung ini akan menjuntai ke bawah dengan karakteristik tanaman hijau yang membutuhkan kelembapan yang sedang. Oleh karena itu, sesuaikan peletakan kaktus Mistletoe misalnya di dekat jendela atau pintu kaca agar mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup dan tetap hidup.

10. Tom Thumb

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias yang satu ini memerlukan cahaya matahari yang sangat cukup, atau harus ditempatkan di tempat dengan cahaya matahari terang.

Dengan nama latin Crassula hybrid, Thom Thumb seakan memberikan bentuk baru pada tanaman kaktus, dengan modelnya yang mini dan seperti balok.


Cara Merawat Tanaman Kaktus Hias

Setelah memutuskan untuk melakoni hobi baru dan memilih tanaman kaktus hias yang ingin dipelihara, pemilik perlu mengetahui beberapa tips tanam hingga perawatan.

Kendati kaktus adalah jenis tanaman hias dengan perawatan minim, namun tetap saja membutuhkan perhatian khusus. Ini karena tanaman yang ditempatkan dalam ruangan akan lebih perawatan ekstra ketimbang tanaman biasa yang mudah tumbuh di lahan luar rumah atau kebun.

Melansir dari The Spruce, berikut tips sederhana merawat tanaman kaktus hias indoor.

1. Sinar matahari

Sinar matahari sangat vital bagi kaktus kala musim dingin, sebab kaktus memiliki karakteristik tanaman yang hidup di tempat panas dan kering. Namun, cahaya matahari yang berlebihan juga tak baik karena dapat menyebabkan daun kaktus hijau menjadi kuning atau kering di beberapa ujungnya.

Oleh sebab itu, pemilik harus pandai merawat kaktus dengan tetap memperhatikan pergantian musim. Jika musim penghujan, ada baiknya untuk meletakkan tanaman hias kaktus di depan rumah untuk sesekali.

Namun jika musim panas tiba, beberapa jenis kaktus tak harus terkena langsung paparan sinar matahari, atau cukup diletakkan dalam rumah namun terkena cahaya seperti dekat jendela.

2. Tanah

Gunakan tanah yang bersih dan semi-gambut. Lebih baik tambahkan dengan zat anorganik seperti perlit untuk meningkatkan drainase dan aerasi dalam semangkuk tanaman.

Selain itu, ganti tanah secara rutin. Pemilik patut menambahkan pemeliharaan dengan mengganti tanah baru yang cukup subur dan dilengkapi dengan pupuk yang maksimal.

3. Air

Lakukan teknik penyiraman dengan memperhatikan musim, seperti siram lebih banyak air ketika musim kemarau. Namun jika musim penghujan tiba, normalnya penyiraman selama dua hingga tiga kali seminggu dapat dimaksimalkan hanya dengan dua kali penyiraman saja dalam seminggu.

Pembusukan batang bawah hingga akar dapat terjadi ketika air tak diserap baik oleh tubuh kaktus dan malah membuat tanah menjadi sesak, dan menghambat sirkulasi udara kaktus.

4. Suhu dan Kelembapan

Setiap jenis kaktus memiliki kepekaan terhadap suhu dan kelembapan yang berbeda. Sebenarnya, kaktus tak hanya bisa hidup di padang pasir atau daerah dengan suhu yang panas. Pada suhu yang sangat dingin pun, ia bisa hidup. Kaktus memiliki kemampuan beradaptasi yang luar biasa.

Namun, pemilik tetap harus memperhatikan perbedaan cara perawatan ketika musim hujan atau panas tiba. Seperti ketika musim penghujan, maka kaktus diamankan di dalam rumah, dan begitu juga sebaliknya.

5. Pupuk

Jangan lupa untuk memberikan pupuk atau vitamin bagi para kaktus. Pupuk ini dapat membantu kesuburan tanaman hias kaktus menjadi lebih baik dan sehat.

Namun, ingatlah untuk memberikan pupuk secara proporsional, sebab pupuk yang diberikan dalam jumlah banyak juga berefek tidak bagus pada tanaman ini.

Nah, apakah Anda termasuk orang yang tertarik dengan tren tanaman kaktus hias kekinian ini? Jika iya, semoga ulasan di atas dapat menjadi referensi dalam bertanam kaktus hias, ya.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]