Saingi Dominasi Bali, Lombok Terpopuler ke-6 di Tripadvisor

CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 11:45 WIB
Lombok menempati peringkat ke-enam dalam daftar Trending Destinations - World, atau destinasi di dunia yang paling banyak diulas di Tripadvisor. Dua orang wisatawan melewati jembatan bambu menuju pantai Seger kawasan KEK Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Situs ulasan wisata Tripadvisor kembali merilis daftar terbaik hasil komentar penggunanya sepanjang tahun lalu yang bertajuk Tripadvisor Travelers Choice 2020.

Lombok menempati peringkat ke-enam dalam daftar Trending Destinations - World, atau destinasi di dunia yang paling banyak mendapat ulasan terbaik.

"Bagi wisatawan yang ingin liburan santai dengan sedikit keramaian, destinasi wisata yang dekat dengan Bali ini bisa menjadi pilihan," tulis Tripadvisor mengenai Lombok.


"Pulau ini adalah rumah bagi pantai yang indah dan tempat menyelam kelas dunia, ditambah pilihan pendakian tanpa akhir yang dapat membawa Anda ke air terjun atau bahkan gunung berapi," lanjutnya.

Posisi Lombok berada di bawah Gramado di Brasil dan di atas Da Nang di Vietnam.

Lima besar dalam posisi itu ditempati oleh Kochi (Cochin) di India, Luzon di Filipina, Porto di Portugal, Poto Seguro di Brasil, dan Gramado di Brasil.

Meski ditulis 'Lombok - West Nusa Tenggara' bukannya 'Lombok - Indonesia' seperti nama destinasi lain berikut negaranya dalam daftar tersebut, namun prestasi Lombok tentunya sangat membanggakan Indonesia.

Bali nyatanya masih populer di kalangan turis mancanegara, karena menempati peringkat ke-empat dalam daftar Popular Destinations - World, alias destinasi di dunia yang paling sering didatangi.

Lima besar dalam posisi itu ditempati oleh London di Inggris, Paris di Prancis, Crete di Yunani, Bali di Indonesia, dan Roma di Italia.

Bahkan Phuket, destinasi wisata bahari di Thailand yang selalu dibandingkan oleh Bali, tertinggal dua posisi di bawah Pulau Dewata.

Dua paket wisata di Bali, berupa naik ayunan gantung dan menjelajahi pedesaan di Ubud, ikut masuk dalam daftar Top 25 Experiences - World, atau atraksi wisata yang paling banyak mendapat ulasan terbaik, masing-masing berada di posisi ke-18 dan ke-20.

[Gambas:Instagram]



Sayangnya tidak ada destinasi wisata di Indonesia yang masuk dalam daftar destinasi yang layak dikunjungi tahun depan atau Emerging Destinations - World.

Posisi pertama sampai ke-lima dalam daftar tersebut ditempati oleh Kaliningrad (Rusia), Saranda (Albania), Beirut (Libanon), Luxor (Mesir), dan Naoussa (Yunani).

Begitu juga dalam daftar Top 25 Beaches - World.

Indonesia, yang notabene negara bahari, tidak masuk sama sekali dalam daftar yang berisi 25 pantai terbaik di dunia itu.

Lima besar dalam daftar tersebut diisi oleh pantai-pantai dari Brasil, Turks and Caicos, Kuba, Island of Sicily, dan lagi-lagi: Brasil.

[Gambas:Instagram]



Beranjak ke daftar Top 25 Hotels - World, nama hotel The Suites at Hotel Mulia Senayan menempati peringkat ke-15 dari daftar yang berisi 25 hotel terbaik di dunia itu.

Daftar terbaik sedunia yang dirilis Tripadvisor juga mencakup soal maskapai penerbangan, atraksi wisata, dan restoran.

Selain dalam kategori sedunia, daftar ini juga dibagi lagi dalam per benua, seperti Afrika, Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Selatan, Pasifik Selatan.

Daftar lengkap Tripadvisor Travelers Choice 2020 bisa disimak lebih lanjut di sini.

(ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK