Kacamata Bingkai Emas Mahatma Gandhi Bakal Dilelang

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/08/2020 05:05 WIB
Kacamata yang diduga milik Mahatma Gandhi bakal dilelang dengan harga yang diperkirakan mencapai lebih dari US$19 ribu. Ilustrasi. Kacamata yang diduga milik Mahatma Gandhi bakal dilelang dengan harga yang diperkirakan mencapai lebih dari US$19 ribu. (AFP PHOTO / INTERCONTINENTALE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kacamata yang diduga milik tokoh kemerdekaan India, Mahatma Gandhi, bakal dilelang di salah satu pusat lelang di Bristol, Inggris. Diperkirakan, harga lelang kacamata akan mencapai lebih dari US$19 ribu atau Rp280 juta.

Melansir CNN, kacamata itu rencananya akan dilelang pada 21 Agustus mendatang di East Bristol Auctions. Kacamata itu telah dihargai antara US$13 ribu hingga US$19.500 atau sekitar Rp192-199 juta.

Kacamata itu mulanya ditemukan oleh sang juru lelang, Andy Stowe. Kacamata berbingkai emas itu terbungkus rapi di dalam sebuah amplop besar yang disimpan menggantung di kotak surat kantor tempatnya bekerja.


"Ada catatan kecil dalam surat yang mengatakan bahwa ini [kacamata] milik Gandhi," ujar Stowe.

Tak diam, Stowe pun menghubungi nomor telepon yang tertera pada catatan itu dan menelusuri sang pengirim. Ditemukan bahwa seorang pria tua berusia sekitar 80 tahun yang tinggal di Bristol telah mengirimkan kacamata tersebut.

Si pria tua mendapatkan kacamata dari sang paman yang kebetulan sempat bekerja di kawasan Afrika Selatan. Sang paman mengaku mendapatkan kacamata itu langsung sebagai pemberian Gandhi.

"Paman [pria tua yang menjual kacamata] bekerja untuk British Petroleum pada saat itu dan ditempatkan di kawasan Afrika Selatan. Kacamata itu menjadi ucapan terima kasih Gandhi atas beberapa hal baik yang dilakukan sang paman," jelas Stowe.

Tak sembarangan, Stowe pun meneliti garis waktu dari barang tersebut berdasarkan cerita yang disampaikan si pria tua.

"Tanggal dan fakta cocok," ujar Stowe meyakini bahwa kacamata itu benar-benar milik Gandhi.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]