5 Cara Mengeluarkan Dahak yang Mengganggu Secara Alami

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 12:02 WIB
Keberadaan dahak di tenggorokan terasa sangat mengganggu. Berikut beberapa cara mengeluarkan dahak secara alami. Ilustrasi. Mengonsumsi lemon menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan dahak secara alami. (miradeshazer/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keberadaan dahak di tenggorokan terasa sangat mengganggu. Ikuti beberapa cara sederhana untuk mengeluarkan dahak secara alami.

Dahak sebenarnya merupakan cairan kental atau lendir yang menggantung di bagian belakang tenggorokan. Dahak umumnya terasa mengganggu saat tubuh sedang sakit.

Namun, tak hanya saat tubuh sedang sakit, lendir ini ada sepanjang waktu di tenggorokan Anda. Lendir membran melindungi sistem pernapasan. Namun, saat sakit, lendir akan terpapar banyak partikel dan menjadi lebih kental.


Berikut beberapa cara untuk mengeluarkan dahak secara alami, melansir Healthline.

1. Melembapkan udara

Melembapkan udara di sekitar dapat membantu mengencerkan dahak. Gunakan humidifier atau pelembap udara di ruangan tempat Anda beraktivitas.

Menghirup uap juga menjadi cara lain untuk mendapatkan udara yang lembap. Isi wadah dengan air panas. Hirup uap dari air panas tersebut dengan lembut untuk mengencerkan lendir.

2. Tetap terhidrasi

Mencukupi asupan cairan, terutama dengan air hangat, dapat membantu melancarkan aliran dahak. Air dapat melonggarkan kemacetan yang membatasi gerak lendir pada tenggorokan.

Tak hanya dengan air mineral, Anda juga bisa mendapatkan air hangat dari kuah sup atau secangkir teh.

3. Konsumsi herbal

Coba-lah mengonsumsi beberapa jenis herbal seperti lemon, jahe, dan bawang putih. Ada beberapa bukti yang menemukan bahwa ketiga bahan tersebut dapat mengobati pilek, batuk, dan dahak berlebih.

Selain itu, makanan pedas yang mengandung capsaicin seperti cabai rawit juga dapat membantu membersihkan sinus dan mengeluarkan lendir.

4. Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan dahak yang menggantung di belakang tenggorokan. Berkumur juga bahkan dapat membunuh kuman serta meredakan sakit tenggorokan.

Campurkan air dengan sedikit garam. Anda disarankan untuk menggunakan air hangat yang dapat melarutkan garam dengan lebih cepat.

Saat berkumur, posisikan kepala Anda 45 derajat ke belakang. Biarkan air garam mendekati area tenggorokan Anda. Lakukan kumur-kumur selama 30-60 detik, lalu buang kembali airnya.

5. Gunakan minyak kayu putih

Menggunakan minyak esensial kayu putih dapat membantu mengeluarkan dahak. Kayu putih bekerja dengan membantu mengencerkan dahak yang membantu Anda untuk batuk dengan mudah.

Selain kayu putih, ada beberapa minyak esensial lain yang dapat menghentikan pertumbuhan kuman yang menginfeksi saluran pernapasan. Anda juga bisa mencoba minyak esensial serai, peppermint, rosemary, dan tea tree.

Gunakan minyak esensial dengan menjadikannya sebagai campuran diffuser atau menggunakannya dengan tungku aroma terapi.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA