5 Tanaman Berdaun Hitam, Elegan untuk Dekorasi Rumah

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 08/09/2020 13:54 WIB
Tanaman hias berdaun hitam menjadi salah satu tren yang tengah beranjak naik belakangan. Berikut beberapa rekomendasi tanaman berdaun hitam untuk Anda. Ilustrasi. Tanaman hias berdaun hitam menjadi salah satu tren yang tengah beranjak naik belakangan. (iStockphoto/Crystal Bolin Photography)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mendekorasi rumah dengan tanaman hias sudah bukan hal aneh lagi untuk saat ini. Tapi, jangan berhenti bereksplorasi. Anda bisa mencoba mendekorasi rumah dengan beberapa pilihan tanaman berdaun hitam.

Tanaman berdaun hitam menjadi salah satu tren tanaman hias yang tengah beranjak naik belakangan. Mulai dari tanaman Zamioculcas zamiifolia (ZZ) hitam hingga Philodendron 'black cardinal', tanaman berdaun hitam telah menangkap imajinasi kolektif masyarakat.

"Orang-orang kini menghabiskan banyak waktu di rumah, dan mereka hanya mencoba mempercantik ruang mereka. Saya pikir mereka sedang mencari spesimen unik yang mencolok dan sulit ditemukan," ujar desainer interior yang fokus pada tanaman hias, Lisa Munoz, melansir Well and Good.


Munoz merekomendasikan Anda untuk menempatkan tanaman berdaun gelap di sekitar dinding berwarna terang. Atau, Anda juga bisa menempatkan tanaman berdaun gelap di samping tanaman dengan daun berwarna terang. "Cara itu akan membuatnya [tanaman berwarna gelap] terlihat sangat menonjol," kata dia.

Berikut beberapa pilihan tanaman berdaun hitam yang bisa Anda cari.

1. Philodendron 'black cardinal'

Philodendron 'black cardinal' tumbuh dengan daun berwarna hijau kehitaman. Pada masa awal pertumbuhan, tanaman ini akan hadir dengan warna perunggu yang mengkilap indah.

Tanaman ini cocok untuk hidup dalam lingkungan beriklim tropis atau subtropis. Tanaman ini dapat tumbuh baik meski tak terpapar sinar matahari langsung.

2. Burgundy rubber tree

Burgundy rubber tree atau pohon karet burgundy merupakan tanaman hias dalam ruang yang hadir dengan daun tebal dan mengkilap. Warna yang dihadirkan berkisar antara merah anggur hingga hampir seperti hitam.

Berasal dari hutan hujan India dan Amerika Selatan, tanaman tropis ini dapat beradaptasi dengan suhu ruangan.

Pohon karet burgundy akan tumbuh subur dengan paparan cahaya terang yang konsisten. Banyak orang menempatkan pohon karet ini di dekat jendela di mana cahaya matahari tersaring tipis oleh tirai. Tanaman ini dapat mentolerir cahaya redup, namun daun akan memudar menjadi hijau muda.

3. Raven ZZ

Zamioculcas zamiifolia Raven atau raven ZZ merupakan salah satu tanaman berdaun hitam yang bisa Anda pilih. Daunnya tumbuh dengan rentang warna ungu-hijau tua yang mendekati hitam.

Alocasia is a genus of broad-leaved rhizomatous or tuberous perennials from the family Araceae.Ilustrasi. Tanaman hias alocasia. (iStockphoto/Carita Liberato)

Tanaman yang berasal dari Afrika ini merupakan tanaman fleksibel yang dapat mentolerir penyiraman yang tidak teratur. Pada musim panas, misalnya, raven ZZ bisa tumbuh subur saat disiram hanya sekali dalam dua pekan. Yang pasti, biarkan tanah mengering seluruhnya sebelum disiram kembali.

Raven ZZ akan bertahan hidup dapat kondisi cahaya yang sangat redup. Anda bahkan bisa menempatkannya di kamar mandi.

Namun, agar tumbuh subur, letakkan raven ZZ di salah satu sudut rumah yang terang tanpa perlu sinar matahari secara langsung. Letakkan di dekat jendela. Pastikan tanaman tak terkena sinar matahari langsung selama jam-jam cerah seperti pagi hingga siang hari.

4. Alocasia reginula 'black velvet'

Alocasia reginula dikenal juga dengan sebutan 'black velvet' karena warna hitam daunnya yang sangat kontras. Daun tanaman ini bertekstur seperti beludru dan agak kasar saat disentuh.

Tanaman yang memiliki tinggi hingga mencapai 40 sentimeter ini agak 'rewel' jika terlalu sering disiram. Tanaman ini rentan menjadi busuk terutama saat disiram berlebihan.

Anda juga tak perlu khawatir, tanaman ini bisa hidup meski tak terpapar sinar matahari langsung.

Namun, Anda perlu hati-hati, tanaman ini mengandung racun jika ditelan oleh manusia dan hewan.

5. Ludisia discolor 'jewel orchids'

Menjadi salah satu varietas anggrek, Ludisia discolor juga dikenal dengan sebutan 'jewel orchids' atau anggrek permata.

Anggrek permata terkenal akan daunnya yang berwarna merah dan hijau tua mendekati hitam. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna putih dan kuning pucat.

Ludisia tumbuh di kawasan hutan hujan tropis. Hal ini membuat mereka tak terlalu menyukai cahaya alami. Terlalu banyak sinar matahari dapat menghilangkan warna daunnya yang khas.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]