Hari Pencegahan Bunuh Diri

Tanda dan Cara Mencegah Bunuh Diri pada Orang Sekitar

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 10/09/2020 19:04 WIB
Hari Pencegahan Bunuh Diri diperingati demi mencegah upaya bunuh diri. Sederet hal bisa dilakukan saat seseorang di sekitar Anda menunjukkan keinginan tersebut. Ilustrasi. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika seseorang di sekitar memperlihatkan keinginan untuk bunuh diri. (Milada Vigerova)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanggal 10 September setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri. Hari ini diperingati di seluruh dunia untuk mencegah upaya bunuh diri.

Internasional Association for Suicide Prevention (IASP) mencatat ada lebih dari 300 upaya percobaan bunuh diri yang terjadi pada 70 negara di dunia. "Setiap 40 detik, ada seseorang yang mengakhiri nyawanya," ujar Presiden IASP, Murad Khan, dalam laman resminya.

Upaya untuk mencegah bunuh diri harus dilakukan oleh berbagai golongan, termasuk hierarki keluarga. Siapa pun, lanjut Khan, punya peran untuk mencegah terjadinya bunuh diri, termasuk Anda.


Ada beberapa tanda yang umumnya diperlihatkan seseorang saat terlintas pikiran tentang bunuh diri. Berikut beberapa tanda umum, mengutip situs kesehatan Mayo Clinic.

1. Berbicara tentang bunuh diri seperti membuat pernyataan 'Seandainya aku meninggal dunia' atau 'Seandainya aku tidak dilahirkan'.

2. Menarik diri dari kontak sosial dan selalu ingin dibiarkan sendiri.

3. Memiliki suasana hati yang berubah-ubah.

4. Disibukkan dengan pikiran tentang kematian.

5. Merasa terjebak atau putus asa karena situasi yang sedang dihadapi.

6. Mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

7. Pola makan dan tidur yang berubah.

8. Melakukan hal-hal berisiko atau merugikan diri sendiri.

9. Membereskan urusan-urusan yang belum selesai secara tiba-tiba.

10. Mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang di sekitar.

11. Mengalami kecemasan dan kegelisahan akut.

Jika Anda mendapati orang-orang di sekitar memperlihatkan beberapa tanda di atas, segera-lah lakukan langkah pencegahan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat seseorang di sekitar terlihat tengah mempertimbangkan upaya bunuh diri, mengutip Very Well Mind.

1. Jangan sepelekan

Jangan menganggap sepele saat seseorang mengungkapkan keinginannya untuk bunuh diri. Ungkapan itu bisa menjadi cara mereka untuk mencari pertolongan.

Anda bisa saja menganggap bahwa masalah yang mereka hadapi masih terlalu sepele hingga sampai pada keinginan bunuh diri. Namun, perlu diingat bahwa cara setiap orang memandang masalah akan saling berbeda satu sama lain. Sebaiknya, dengarkan apa pun yang mereka rasakan tanpa memberi penilaian yang menghakimi.

2. Jadi pendengar yang baik

Berbicara dengan teman atau orang terdekat bisa sangat membantu untuk melepaskan diri dari tekanan dan masalah yang mendorong upaya bunuh diri.

Coba-lah menjadi pendengar yang baik bagi teman yang sedang menghadapi masalah. Hindari berdebat dan memberi komentar yang terasa meremehkan. Cukup dengarkan segala keluh kesahnya dan tunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli.

Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih atas kepercayaan mereka yang telah mau berbagi cerita dengan Anda. Hindari kalimat-kalimat yang berupaya menenangkan mereka seperti 'Hal ini akan segera berlalu' atau 'Lihat hikmah dari peristiwa ini'. Alih-alih menenangkan, kalimat-kalimat seperti itu justru akan membuat mereka semakin merasa terpuruk.

3. Bertanya soal keinginan bunuh dirinya

Jangan takut untuk membahas topik bunuh diri saat seseorang telah memperlihatkan tanda-tanda. Dengan cara itu, Anda memberikan mereka kesempatan untuk terbuka dan memungkinkan menerima pertolongan Anda.

4. Sarankan untuk mencari pertolongan profesional

Berbicara memang dapat meringankan beban yang dirasakan. Namun, hal itu tak akan bertahan lama. Alih-alih hanya menjadi teman bicaranya, dorong juga mereka untuk segera mencari pertolongan profesional seperti psikolog.

5. Selalu temani, jangan dibiarkan sendirian

Saat seseorang telah memperlihatkan tanda-tanda darurat, akan lebih baik jika Anda tak meninggalkannya seorang diri. Berada seorang diri menjadi kesempatan mereka untuk benar-benar melakukan percobaan bunuh diri.

DISCLAIMER BUNUH DIRIFoto: CNN Indonesia/Fajrian
DISCLAIMER BUNUH DIRI
(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]