9 Jenis Makanan Terbaik untuk Diet Golongan Darah O

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 09:08 WIB
Berikut jenis-jenis makanan terbaik dan yang pantang dikonsumsi untuk diet golongan darah O untuk hidup lebih sehat. Berikut jenis-jenis makanan terbaik dan yang pantang dikonsumsi untuk diet golongan darah O untuk hidup lebih sehat. (Foto: Pixabay/miriangil)
Jakarta, CNN Indonesia --

Golongan darah O dikenal sebagai tipe darah tertua berdasarkan penelusuran ras manusia.

Apabila ciri-ciri genetik golongan darah disesuaikan dengan jenis makanan dan olahraga yang tepat, pemilik golongan darah O dipercaya bisa menjalani hidup yang lebih sehat.

Karenanya, kenali diet golongan darah O untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan berdasarkan karakter dan sifat golongan darah.



Mengenal Diet Golongan Darah O

ilustrasi golongan darahFoto: Stockphoto/JarekJoepera
Diet golongan darah adalah diet atau pengaturan pola dan jenis makanan berdasarkan jenis darah.

Diet golongan darah pertama kali dipopulerkan oleh ahli naturopati dari Amerika Serikat Dr. Peter D'Adamo, dikutip dari Healthline.

Lewat buku Eat Right 4 Your Type (1996), ia mengklaim bahwa menerapkan pola makan atau diet berdasarkan golongan darah dapat mengoptimalkan kesehatan serta mencegah penyakit di kemudian hari.

Misalnya, ciri genetik orang dengan golongan darah O yang punya naluri berburu dan meramu, sehingga punya bekal kekuatan fisik yang luar biasa dengan pikiran yang produktif.

Namun, respons terhadap stres yang dimiliki golongan darah O cenderung terlalu aktif. Ini mengakibatkan produksi adrenalin berlebihan.

Dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup golongan darah O, Anda bisa menjadi pemimpin yang kuat dan mandiri sesuai dengan naluri golongan darah.


Karakter Golongan Darah O

ilustrasi olahragaFoto: Istockphoto/ Drazen Zigic
Sebagai tipe darah tertua, karakter golongan darah O punya sifat ekstrovert dan penuh semangat tapi rentan terserang stres.

Ditilik dari sejarahnya, nenek moyang manusia bergolongan darah O merupakan tipe predator agresif.

Sifat golongan darah O memiliki kepribadian ekstrovert, energik, dan fokus, melansir Livestrong. Tapi golongan darah O gampang tersulut marah, hiperaktif, dan impulsif saat sedang stres.

Stres inilah yang rentan memicu pola makan buruk, malas berolahraga, dan perilaku tidak sehat lainnya. Tipe O mungkin mengalami efek metabolik negatif, seperti resistensi insulin, hipotiroid, dan kenaikan berat badan.

Pemilik golongan darah O juga rentan terhadap penyakit tertentu, termasuk tukak lambung (maag) dan masalah tiroid.

Kecenderungan asam lambung yang tinggi, membuat tipe darah O lebih mudah mencerna makanan yang mengandung protein dan lemak daripada golongan darah lainnya.

Itu juga berarti karbohidrat sederhana (terutama biji-bijian) lebih mudah diubah menjadi lemak dan trigliserida.

Diet Golongan Darah O: Jenis Makanan yang Baik dan Pantang Dikonsumsi

Dalam penelitian ABO Genotype, Blood-Type Diet and Cardiometabolic Risk Factors pada 2014 dijelaskan hubungan antara diet dengan tipe darah.

Berikut 9 jenis makanan yang baik dikonsumsi dan sebaiknya dihindari oleh orang bergolongan darah O, berdasarkan Medical News Today.


1. Protein hewani

Grilled top blade, Denver steak. Marble meat beef. Black background. Top view.Foto: Istockphoto/Vladimir Mironov
Daging merah yang berasal dari sapi dan domba adalah pilihan terbaik untuk menu diet golongan darah O

Dalam menyusun program diet, orang dengan golongan darah O dianjurkan mengonsumsi produk hewani yang memiliki kandungan protein tinggi, seperti sapi, kambing, domba, dan rusa.

Selain mengonsumsi makanan dari olahan daging merah, orang dengan golongan darah O juga mendapat manfaat dari mengonsumsi boga laut antara lain ikan kod, ikan kembung, salmon, sardin, makerel.

Sementara itu, pantangan makanan golongan darah O antara lain daging babi, termasuk ham dan bacon, serta daging unggas seperti angsa. Larangan ini juga berlaku untuk beberapa jenis ikan seperti ikan lele, kaviar, gurita, dan keong.


2. Produk olahan susu

Mereka yang ingin mengikuti diet golongan darah O umumnya harus menghindari yogurt, susu, dan telur dalam menu sehari-hari.

Guna mencukupi asupan nutrisi dari dua produk tersebut, Anda dapat menggantinya dengan mengonsumsi produk sejenis.

Seperti mentega, butter, dan aneka keju seperti keju Yunani, mozzarella, keju feta, dan keju susu kambing. Sementara itu untuk produk susu dapat diganti dengan mengonsumsi susu kedelai.


3. Jenis kacang untuk diet golongan darah O

Ilustrasi kacang walnutFoto: Pixabay/domeckopol
Kacang kenari adalah salah satu jenis kacang yang bagus dikonsumsi untuk diet golongan darah O

Tanaman yang satu ini dikenal sebagai salah satu sumber protein dan lemak sehat yang baik bagi tubuh.

Bagi golongan darah O, produk kacang yang sangat disarankan antara lain kacang kenari (walnut), hazelnut, pinto, kacang polong hitam, dan biji labu.

Konon makanan-makanan tersebut memberikan manfaat paling banyak bagi orang bergolongan darah O.

Jenis kacang yang netral bagi golongan darah O seperti almond, makadamia, wijen, biji bunga matahari, dan kastanya.

Sementara itu jenis kacang yang harus dihindari antara lain kacang brazil, kacang mete, kacang tanah, kacang pistasio, dan kacang polong.


4. Biji-bijian

Meskipun kebanyakan orang yang menjalani diet golongan darah O baik itu yang memiliki resus positif dan negatif harus meminimalkan konsumsi biji-bijian seperti jagung dan gandum, serta menghindari makanan olahan tepung.

Namun tipe O masih diperkenankan untuk mengonsumsi jenis lain termasuk nasi putih, nasi merah, quinoa.

Makanan lain yang dapat dikonsumsi adalah bubur Kasha yang diolah dari aneka biji-bijian di antaranya biji buckwheat, soba, dan jawawut.


5. Sayur

Ilustrasi SayuranFoto: kkolosov/Pixabay
Bayam, tomat, brokoli merupakan sayuran terbaik untuk menu diet golongan darah O

Jenis sayur yang baik dikonsumsi bagi pemilik golongan darah O antara lain tomat, artichoke, brokoli, bayam, bawang putih, lobak, okra, peterseli, paprika merah, ubi jalar, labu, dan rumput laut.

Anda juga masih bisa makan asparagus, timun, tahu tempe, toge, bok choy.

Sementara jenis sayur yang dihindari di antaranya yang berasal dari golongan brassica, seperti kubis, brussel, kembang kol, dan sawi. Ini juga berlaku pada jamur shitake, terong, dan kentang.


6. Buah

Beberapa buah yang direkomendasikan untuk menunjang diet pemilik golongan darah O antara lain, plum, jeruk bali, dan buah tin.

Sedangkan buah yang kurang baik bagi pemilik golongan darah O di antaranya melon, jeruk keprok, stroberi, blackberry, alpukat, dan kelapa.


7. Bumbu dan rempah-rempah

Ilustrasi Rempah RempahFoto: Taken/Pixabay
Kunyit dan kari bermanfaat untuk diet golongan darah O

Tak perlu cemas dengan penggunaan rempah-rempah dalam menu makanan diet golongan darah O.

Sebagian besar jenis rempah dapat dinikmati pemilik golongan darah O meliputi, garam beryodium, kunyit, peterseli, kari, cabe rawit, biji cokelat, dan madu.

Namun, ada bumbu yang tidak dimasukkan dalam makanan seperti lada, cuka, kayu manis, tepung maizena, sirup jagung, pala, vanila, saus tomat, acar, dan mayones.


8. Minyak

Untuk keperluan memasak, pemilik golongan darah O dapat menggunakan minyak biji rami dan olive oil atau minyak zaitun sebagai pilihan minyak terbaik.

Bisa juga menggunakan minyak wijen, minyak canola, dan minyak ikan kod namun tetap dibatasi penggunaannya. Sementara jenis minyak yang baiknya dihindari adalah minyak jagung.


9. Minuman

Dried Indian sarsaparilla or Hemidesmus indicus or nannari or annatmol with its syrup and powder used in mant Indian & Asian beverages isolated on white.Foto: iStockphoto/mirzamlk
Sarsaparilla adalah minuman nonalkohol yang dibuat dari akar tumbuhan Smilax dan memberi sensasi hangat menyegarkan. Ini menjadikan sarsaparilla sebagai minuman diet golongan darah O.

Selain memperhatikan kandungan protein, serat dan karbohidrat, orang yang mengikuti diet O juga harus memperhatikan jenis minuman agar memberikan manfaat bagi tubuh.

Jenis minuman yang dapat dikonsumsi antara lain air jahe, teh hijau, ginseng, anggur, sarsaparilla, dan minuman berkarbonasi (bukan soda).

Minuman yang harus dihindari utamanya yang mengandung kafein tinggi seperti kopi dan teh hitam, bir, serta aneka minuman tradisional beralkohol agar tidak mengganggu diet yang sedang dijalani.

Meski hingga kini masih belum ada bukti ilmiah yang kuat mendukung hubungan golongan darah dengan kondisi kesehatan seseorang, namun ulasan diet golongan darah O di atas diharapkan bisa membantu Anda untuk menjalankan hidup sehat.

(nly/fef)

[Gambas:Video CNN]