Hubungan 4 Tipe Golongan Darah dengan Risiko Penyakit

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/06/2020 11:07 WIB
Petugas mengambil golongan darah pendonor sebelum mendonorkan darah untuk mengkategorikan jenis darah saat berlangung donor darah massal di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 29 Maret 2015. CNN Indonesia/Safir Makki Ilustrasi: Studi sejak bertahun lalu mengamati hubungan golongan darah dengan risiko terhadap penyakit tertentu, termasuk nutrisi untuk mencegahnya. (Foto: Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Golongan darah memainkan peranan penting terhadap kesehatan seseorang. Ini pula yang menjadi alasan golongan darah tertentu bisa lebih berisiko terhadap sejumlah penyakit. Studi terbaru misalnya, menunjukkan orang dengan tipe golongan darah A lebih rentan terinfeksi virus corona, sedangkan orang dengan golongan darah O disebut lebih kebal terhadap virus yang menyebabkan Covid-19 itu.

Tak hanya Covid-19, penelitian golongan darah dan kaitannya dengan sejumlah risiko kesehatan telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Studi mengindikasikan bahwa terdapat hubungan antara golongan darah dan risiko seseorang terhadap sejumlah penyakit juga kondisi kesehatan.

Selain kesehatan, studi juga mendapati hubungan golongan darah dengan nutrisi yang tepat untuk mencegah pelbagai risiko penyakit.

Dikutip dari Health Testing Centers, makanan yang tepat sesuai golongan darah dapat menghasilkan pencernaan yang lebih efisien, peningkatan energi, penurunan berat badan, peningkatan toleransi stres, kesehatan mental yang lebih baik, dan pengurangan risiko penyakit.

Infografis Berkenalan dengan Golongan Darah ManusiaFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
Infografis Berkenalan dengan Golongan Darah Manusia


Berikut golongan darah beserta risiko kesehatan dan nutrisi yang tepat.

Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah merupakan orang yang memiliki antigen A dan antibodi B. Berikut risiko penyakit bagi golongan darah A.

Risiko penyakit jantung koroner
Studi pada 2012 menunjukkan golongan darah merupakan faktor risiko yang signifikan untuk pengembangan penyakit jantung koroner. Golongan darah A memiliki risiko 5 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dibandingkan orang bergolongan darah O.

Risiko penyakit tromboemboli vena (VTE)
Tromboemboli vena ditandai dengan pembentukan gumpalan darah di pembuluh darah dan seringkali berakibat fatal. Studi menunjukkan, orang golongan darah A memiliki peningkatan risiko 2,2 kali lipat terkena tromboemboli vena dibandingkan tipe darah O.

ilustrasi golongan darahIlustrasi: Orang dengan golongan darah A memiliki risiko 5 persen lebih tinggi terkena jantung koroner dibanding orang bergolongan darah O. (Foto: Stockphoto/Richard Villalonundefined undefined)



Risiko kanker
Penelitian juga mendapati hubungan golongan darah dengan beberapa jenis kanker seperti lambung dan perut. Golongan darah A memiliki risiko 20 persen lebih tinggi terkena kanker dibandingkan dengan darah tipe O.

Golongan darah A juga lebih berisiko terkena kanker pankreas dibandingkan tipe darah O. Pada kanker kulit, tipe darah A berisiko lebih rendah dibandingkan tipe darah O.

Perempuan dengan golongan darah A juga memiliki risiko lebih besar terkena kanker ovarium dibandingkan tipe darah O.

Risiko demensia
Demensia merupakan penyakit degeneratif yang menyerang fungsi otak. Golongan darah A berisiko lebih rendah terkena demensia dibandingkan golongan darah AB.

Nutrisi yang tepat untuk golongan darah A
Golongan darah A disarankan untuk mengurangi daging dan memperbanyak kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Golongan darah A juga dianjurkan untuk mengurangi daging.

Golongan Darah B

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK