David Beckham dan Gambaran Surga Neraka di Kuil-kuil Thailand

CNN Indonesia | Jumat, 18/09/2020 10:41 WIB
Thailand memiliki beragam kuil Buddha, mulai dari yang sarat sejarah sampai yang menggambarkan tersiksanya kehidupan di neraka. Kuil Wat Samphran di Thailand. (AFP/MLADEN ANTONOV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seekor naga mengelilingi menara, jiwa-jiwa malang menghadapi siksaan, dan pahlawan super menjadi mosaik di dinding - itu mungkin tampak seperti pemandangan dalam mimpi, tetapi sebenarnya itu adalah pemandangan dari salah satu kuil di Thailand yang terkenal.

Negara kerajaan mayoritas Buddha ini memiliki bangunan ibadah yang kental dengan sejarah dan agama, tetapi ada juga tempat ibadah yang arstekturnya lebih unik yang berfungsi sebagai tempat wisata.

Di Nakhon Pathom, sekitar satu jam ke timur dari pusat kota Bangkok, menara naga di dalam kuil Sam Phran berasal dari mimpi mantan pengurusnya.


Menara 16 lantai berwarna merah muda, dengan naga merayap di atasnya, melambangkan 16 tingkat surga dalam mitologi Buddha.

Sebaliknya, kuil dengan gambaran neraka yang mengerikan adalah kuil Saen Suk di provinsi Chon Buri.

Di sini, gambaran hukuman dan penyiksaan didirikan di taman. Pengunjung seakan diajak tur wisata singkat di neraka. 

Pemandangan menakutkan tersebut termasuk patung elang merobek usus orang yang melakukan kesalahan, pembohong yang dipotong lidahnya, dan pria yang melakukan hubungan seks pranikah ditusuk alat kelaminnya dengan tombak.

"Jika Anda memilih untuk menjalani kehidupan yang tidak benar, Anda akan berakhir seperti patung-patung ini," kata salah satu pengunjung, Suchart Klaoteaw (21), saat ia melewati keluarga lain yang sedang selfie dengan anak-anak mereka.

(FILES) In this file photo taken on July 9, 2020 a visitor looks at statues illustrating the fate of people who do bad deeds in a garden depicting a Buddhist version of hell at the Wat Saeng Suk temple in the Thai coastal province of Chonburi. - A dragon encircles a tower, wretched souls face torture, superheroes scale a mosiac wall -- these may seem like scenes from a half-remembered dream, but are in fact famed temples in Thailand. (Photo by Lillian SUWANRUMPHA / AFP)Patung yang menggambarkan penyiksaan neraka yang dipajang di Kuil Wat Saeng Suk di Thailand. (AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA)

"Kita hanya perlu sadar tentang semua yang kita lakukan ... karena karma itu nyata."

Sebuah pemandangan surga dan neraka versi agama Buddha yang jauh lebih ringan bisa ditemukan di kuil Priwat Ratchasongkhram Bangkok, di mana para umat dapat melihat Batman sedang memanjat pintu kuil atau Winnie the Pooh yang mencoba menghilangkan sarang lebah dari lukisan dinding.

Patung David Beckham yang mengenakan jersey Manchester United-nya - bukti dari banyaknya para penggemar sepak bola di Negara Gajah ini - terlihat sedang menggotong Buddha di sana.

Bagi Lakkana Cherlpichit yang berusia 53 tahun, desain "unik" Priwat Ratchasongkhram sangatlah menyegarkan.

"Saya sangat menyukainya ... kami bisa melihat karakter yang belum pernah kami lihat sebelumnya di kuil ini," katanya kepada AFP.

(FILES) This file photo taken on July 14, 2020 shows a figure of the cartoon character Popeye among imaginary creatures on the facade of the Wat Pariwat Buddhist temple in Bangkok. - A dragon encircles a tower, wretched souls face torture, superheroes scale a mosiac wall -- these may seem like scenes from a half-remembered dream, but are in fact famed temples in Thailand. (Photo by Mladen ANTONOV / AFP)Patung Popeye dalam salah satu mosaik yang dipajang di Kuil Pariwat. (AFP/MLADEN ANTONOV)
(AFP/ard)

[Gambas:Video CNN]