Diet Golongan Darah A, Makanan yang Dianjurkan dan Dihindari

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 11/11/2020 13:23 WIB
Diet untuk golongan darah A berfokus pada sayur-sayuran dan risiko gangguan pencernaan. Sejumlah makanan dianjurkan untuk diet sehat. Diet untuk golongan darah A berfokus pada sayur-sayuran dan risiko gangguan pencernaan. Sejumlah makanan dianjurkan untuk diet sehat.Foto: Istockphoto/Getty Images/Bartosz Luczak
Jakarta, CNN Indonesia --

Diet bukan hanya soal menurunkan berat badan. Lebih dari itu, diet adalah cara mengatur makan untuk mendapatkan manfaat kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Sebagian pihak percaya bahwa diet berdasarkan golongan darah dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit di kemudian hari.

Berdasarkan ahli naturopati dari Amerika Serikat Dr. Peter D'Adamo lewat bukunya Eat Right 4 Your Type, beda golongan darah, beda pula penyesuaian diet atau pola makannya. Menurutnya, pemilik golongan darah A dianjurkan untuk makan makanan yang alami, segar, dan organik.


Apabila ciri-ciri genetik golongan darah ini diseimbangkan dengan pola makan dan gaya hidup yang sesuai, pemilik golongan darah A tentu bisa memiliki kesehatan tubuh yang optimal.

Untuk itu, kenali diet golongan darah A untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menghentikan risiko penyakit kronis.

Mengenal Golongan Darah A

ilustrasi golongan darahFoto: Stockphoto/Michael Burrell
Ilustrasi. Diet golongan darah A

Merujuk D'Adamo, kemunculan golongan darah A dapat ditelusuri berdasarkan perjuangan mereka untuk bertahan hidup di masa lalu. Saat itu, persediaan makanan yang berasal dari hewan buruan berkurang drastis.

Setelah menghabiskan banyak hewan buruan, manusia menyebar ke Eropa dan Asia. Untuk dapat bertahan hidup dalam kondisi tersebut, mereka mulai bercocok tanam, seperti biji-bijian.

Dari situ diyakini mereka pertama kali melepaskan gaya hidup berburu-meramu, yang kemudian membangun sistem pertanian dan komunitas menetap.

Seiring waktu, adaptasi manusia dengan golongan darah A didasarkan pada kebutuhan untuk memanfaatkan nutrisi yang bersumber dari karbohidrat. Adaptasi biologis tersebut dapat diamati lewat struktur pencernaan golongan darah A.

Kadar asam klorida yang rendah di lambung dan tingkat enzim disakarida usus yang tinggi memungkinkan pencernaan karbohidrat yang lebih efisien. Namun, lanjut D'Adamo, ini juga menyulitkan pemilik golongan darah A untuk mencerna dan memetabolisme protein dan lemak hewani.

Karakter Golongan Darah A

Shot of an attractive young woman practicing yoga at homeFoto: Istockphoto/PeopleImages
Ilustrasi. Karakter golongan darah A sangat sesuai dengan diet vegetarian dan melakukan olahraga yang menyeimbangkan fisik dan mental seperti yoga

Secara umum, orang dengan golongan darah A memiliki ciri fisik ramping, dan didukung kecerdasan emosional yang baik.

Orang yang bergolongan darah A memiliki karakteristik dan kerentanan terhadap penyakit yang berbeda jauh dengan pemilik golongan darah O. Pemilik golongan darah A harus makan makanan yang berbeda dan berolahraga dengan cara yang berbeda pula. 

Penyakit yang sering dialami oleh pemilik golongan A adalah gangguan pencernaan. Hal ini dipicu oleh kadar asam lambung yang rendah, sehingga golongan ini cenderung sulit mencerna makanan berbahan dasar hewan.

Sebuah studi juga menyatakan bahwa orang dengan golongan darah A rentan terhadap beberapa penyakit kronis seperti kanker dan diabetes. Untuk menghindarinya, para ahli menyarankan golongan ini mengonsumsi tumbuh-tumbuhan yang lebih mudah dicerna.

Merujuk Medical News Today, menu dan metode diet yang tepat untuk golongan darah A adalah menjadi vegetarian. Hal tersebut menjadi jawaban sederhana atas masalah utama golongan ini yaitu rentannya sistem pencernaan dan rendahnya tingkat asam lambung.

Selain itu, mengelola stres dan mengatasi rasa cemas, golongan darah A perlu membatasi konsumsi gula, kafein, dan alkohol, sambil menggabungkan latihan keterpusatan dan meditasi.

Makanan yang Dihindari Golongan Darah A

BurgerFoto: Dok. Black Tap Restaurant
Ilustrasi. Segala jenis makanan yang diproses dan tinggi gula-garam sebaiknya dihindari golongan darah A

Terdapat 3 jenis makanan yang dilarang untuk golongan darah A. Jika menghindari makanan berikut, pemilik golongan A bisa cepat menurunkan berat badan sekaligus menjaga kebugaran tubuh.

1. Makanan yang diproses

Makanan yang diproses atau processed food, artinya bahan mentah yang telah melewati proses penyajian.

Salah satu yang harus dihindari adalah daging olahan, yang dicincang dan dibekukan, biasanya dalam bentuk kornet, nugget, burger, dan lain-lain. Sedangkan makanan yang diproses dari susu dan tepung juga bisa dikurangi, antara lain keju, sereal, kue, roti putih.

2. Makanan Tinggi Gula

Makanan dengan kadar gula yang tinggi juga baiknya dihindari oleh orang dengan golongan darah A. Jenis makanan dan minuman ini tanpa disangka memiliki kadar gula yang tinggi atau kalori tersembunyi, seperti saus, susu berasa, granola, kopi susu, sereal.

3. Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat dengan kandungan gula minimalis yang lebih cepat dicerna oleh tubuh. Bahan makanan paling dasar dari karbohidrat sederhana adalah gula.

Untuk itu, baiknya orang dengan golongan darah A menghindari konsumsi gula, soda, jus buah instan atau botolan.

Selain itu, beberapa bahan makanan juga baiknya dihindari dalam proses diet orang degan golongan darah A, sebagai berikut:

  • Daging sapi
  • Daging kambing
  • Kentang
  • Sayuran: terong, tomat, paprika, dan jamur
  • Buah: melon, jeruk, stroberi, dan mangga
  • Gandum
  • Tepung

Makanan yang Dianjurkan untuk Golongan Darah A

Dalam bukunya, D'Adamo merekomendasikan beberapa bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi orang dengan golongan darah A. Sejumlah makanan ini bisa membantu proses diet golongan darah A.

  • Protein kedelai: tahu dan tempe
  • Minyak zaitun
  • Sayuran: kangkung dan bayam
  • Telur
  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Ayam
  • Teh hijau
  • Jahe

Pilih Daging Putih ketimbang Daging Merah

ilustrasi ayam broilerFoto: iStockphoto/hanieriani
Ilustrasi. Diet golongan darah A lebih baik mengonsumsi daging putih seperti ayam dan ikan, ketimbang daging merah seperti sapi dan kambing

Prioritas menjaga sistem pencernaan bukan berarti orang dengan golongan darah A tidak boleh memakan makanan berbahan dasar hewan. Golongan ini tentu masih bisa menjalani diet dengan tetap memakan makanan berbahan dasar hewan.

Golongan ini baiknya mengonsumsi jenis daging putih, seperti ayam dan ikan, dan menghindari daging merah seperti sapi dan kambing. Beberapa jenis ikan dinilai baik untuk diet golongan darah A seperti ikan kod, ikan kerapu, ikan kembung, kakap merah, dan salmon.

Sayur dan Buah untuk Golongan Darah A

Assortment of fresh edible enoki, shitake, oyster and agaric mushrooms ready to be used in a savoury gourmet meal and in vegetarian cuisineFoto: Dok. FreeFoodPhotos.com
Ilustrasi. Diet golongan darah A baiknya membatasi konsumsi jamur

Meski menjadi vegetarian adalah saran baik untuk diet golongan darah A, namun sejumlah sayur baiknya tidak menjadi pilihan. Seperti diberitakan Medical News Today, beberapa jenis sayur yang baiknya dihindari antara lain tomat, sawi, kentang, terong, dan jamur.

Adapun buah yang baiknya tidak menjadi pilihan untuk diet golongan darah A, seperti melon, jeruk, stroberi, mangga, pepaya, pisang, dan kelapa.

Bumbu yang Dihindari Golongan Darah A

Preparing tomato sauce at home. Top view of a rustic wooden table filled with fresh ingredients for preparing tomato sauce at home. Ingredients for preparing tomato sauce are fresh ripe tomatoes, basil, olive oil, garlic, salt and pepper. The ingredients are scattered on the table all around a cast iron pan filled with prepared tomato sauce. Predominant color is red. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USMFoto: Istockphoto/Fcafotodigital
Ilustrasi. Diet golongan darah A baiknya mengurangi konsumsi cuka, saus tomat, dan mayones

Biasanya orang menambahkan unsur bumbu untuk membuat makanan lebih enak disantap. Namun, orang dengan golongan darah A baiknya lebih selektif dalam memilih bumbu, karena sebagian bumbu harus dihindari, seperti cuka, merica, saus, dan mayones.

Pada dasarnya diet golongan darah A dapat ditunjang dengan meminimalisasi makanan yang diproses. Baiknya golongan ini mengonsumsi raw food tanpa tambahan banyak bumbu pada makanannya.

Olahraga Penunjang Diet Golongan Darah A

Young athletic woman in cobra pose practicing Yoga with her dog at home.Foto: iStockphoto/Drazen Zigic
Ilustrasi Olahraga Penunjang Diet Golongan Darah A

Untuk membuat proses diet menjadi lebih efektif, pemilihan makanan baiknya dikombinasikan dengan kebiasaan olahraga.

Jika diet golongan darah A berfokus pada konsumsi sayur-sayuran dan daging putih, maka olahraga yang cocok adalah latihan sirkuit. Latihan sirkuit adalah pengulangan gerakan-gerakan sederhana seperti push-up, sit-up, dan squat jump.

Seperti dilansir dari Healtline, orang dengan Golongan Darah A juga bisa memilih lari jarak jauh sebagai olahraga rutin penunjang diet. Namun, perlu diketahui bahwa olahraga dengan porsi besar harus diimbangi dengan asupan energi melalui karbohidrat kompleks, seperti nasi.

Risiko Penyakit Golongan Darah A

Diet juga harus mempertimbangkan risiko penyakit yang mungkin diderita. D'Adamo dalam studinya juga menyatakan bahwa beberapa jenis penyakit identik diderita orang dengan golongan darah A, di antaranya kanker, diabetes, gangguan cemas, dan penyakit jantung.

Untuk itu, disarankan bagi pemilik golongan darah A untuk meminimalisasi konsumsi gula. Golongan ini juga baiknya banyak mengonsumsi sayuran untuk menjaga kesehatan pencernaan yang mampu memicu gangguan psikis seperti kecemasan.

(fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK