Mengenal Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuh

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 10 Nov 2020 16:15 WIB
Olahraga baik dilakukan untuk kesehatan. Seseorang baiknya mengenal waktu olahraga yang baik untuk tubuhnya. Ilustrasi: Olahraga baik dilakukan untuk kesehatan. Seseorang baiknya mengenal waktu olahraga yang baik untuk tubuhnya. (Foto: Istockphoto/ Marija Jovovic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olahraga merupakan salah satu cara agar tubuh bugar. Asupan makanan yang bergizi juga akan membantu metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Namun, kesibukan yang dilakukan setiap hari terkadang membuat seseorang terkadang lupa untuk berolahraga dan makan makanan bergizi.

Artikel ini membahas kapan saja waktu yang baik untuk berolahraga. Bagi yang biasa berkegiatan di pagi hari, lari pagi akan menambah semangat untuk menjalankan aktivitas. Sebagian orang memilih olahraga di sore hari agar tidur menjadi lebih nyenyak.

Jadi adakah waktu yang tepat untuk berolahraga? Dikutip dari WebMD, tidak ada bukti yang dapat dijadikan acuan yang menunjukkan kapan kalori dibakar dengan lebih efisien pada waktu tertentu dalam sehari.


Namun, waktu dapat memengaruhi perasaan seseorang saat berolahraga. Menurut para ahli, pilihlah waktu yang tepat sesuai kegiatan sehari-hari, sehingga olahraga menjadi kebiasaan.

Kenali Jam Kerja Tubuh

Waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu yang dapat dilakukan secara konsisten, dan setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda.

Sebelum mencoba waktu olahraga yang baik, coba kenali dahulu ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian adalah proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur dan bangun yang biasa dilakukan sehari-hari.

Kenali tubuh Anda apakah termasuk early bird atau night owl, karena tidak banyak yang dapat diubah dari ritme sirkadian tubuh.

Dilansir dari Webmd, ritme sirkadian diatur oleh pola rotasi bumi 24 jam. Ritme ini memengaruhi fungsi tubuh seperti tekanan darah, suhu tubuh, kadar hormon, dan detak jantung yang sangat berpengaruh pada kesiapan tubuh berolahraga.

Menggunakan jam tubuh sebagai acuan untuk berolahraga adalah cara yang tepat. Namun, perhatikan juga pola jadwal harian agar tak mengganggu pekerjaan atau aktivitas rutin.

Olahraga Pagi

Berolahraga di pagi hari memiliki banyak kelebihan. Menyelesaikan olahraga sebelum melakukan aktivitas lainnya akan menambah endorfin atau perasaan senang dalam tubuh.

Berolahraga di pagi hari juga lebih baik karena artinya sudah melunasi kewajiban olahraga sebelum memulai aktivitas lainnya. Udara segar pagi hari juga akan menjadi daya tarik untuk melakukan lari pagi atau olahraga lainnya.

Ilustrasi joggingIlustrasi: Olahraga pagi baik untuk ketahanan fisik dan salah satu waktu olahraga yang baik (Foto: morgueFile/fitwalk)

Manfaat Olahraga Pagi

Seperti diberitakan Healthline, sebuah penelitian mendukung ide berolahraga pagi. Olahraga di pagi hari dapat meningkatkan kemampuan fisik seseorang saat beraktivitas seharian. Kegiatan fisik di pagi hari juga mampu memicu pembakaran kalori yang lebih baik di hari tersebut.

Sebuah studi menyatakan jika dibandingkan olahraga di sore hari, olahraga di pagi hari lebih membantu seseorang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Olahraga di pagi hari sebelum mengonsumsi apa pun dinilai lebih efektif membakar lemak dalam tubuh. Olahraga pagi sebelum mengonsumsi apa pun dapat membakar hingga 20 persen lebih lemak tubuh.

Olahraga Sore atau Malam

Berolahraga pada sore atau malam hari setelah melakukan berbagai aktivitas juga terbukti bermanfaat. Merencanakan olahraga sore atau malam juga berarti memberi jatah istirahat lebih di pagi hari.

Setelah selesai beraktivitas seharian, beri waktu sejenak untuk beristirahat, setelah itu berolahragalah sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika aktivitas cukup padat, Anda baiknya tidak melakukan olahraga yang berat agar tubuh tetap bugar.

Manfaat Olahraga Sore atau Malam

Sebuah studi menemukan bahwa kemampuan tubuh mencapai puncaknya pada sore hari. Suhu tubuh yang meningkat sepanjang hari dapat mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim dan daya tahan tubuh.

Suhu tubuh akan meningkat tinggi pada jam 2 siang dan jam 6 sore. Kedua waktu tersebut merupakan waktu yang efektif bagi tubuh Anda untuk berolahraga.

Sebagian orang beranggapan olahraga saat malam hari akan mengganhgu tidur. Dikutip dari Healthline, olahraga angkat beban di malam hari lebih baik daripada melakukan hal serupa di pagi hari.


Tips Memulai Berolahraga

Pada dasarnya olahraga merupakan hal baik yang bisa dilakukan di setiap waktu. Olahraga yang konsisten baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sebagian orang sulit untuk mulai konsisten berolahraga, namun beberapa cara ini bisa dilakukan untuk memulai kebiasaan berolahraga:

1. Tidur nyenyak

Mempersiapkan kebiasaan olahraga bisa dimulai dengan memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur. Usahakan tidur 7 hingga 8 jam setiap malam, agar tubuh dapat bekerja lebih optimal.

2. Sesuaikan Waktu Latihan

Bagi yang menyukai olahraga di pagi hari, sesuaikan jam bangun tidur dengan kegiatan yang akan dilakukan sepanjang hari. Untuk yang melakukan olahraga di sore atau malam hari, pastikan aktivitas sudah dikerjakan dengan baik. Agar tidak mengganggu waktu beraktivitas, sesuaikan waktu olahraga secara bertahap.

3.  Siapkan Peralatan Olahraga

Menyiapkan peralatan olahraga akan memberi motivasi untuk memulai berolahraga. Jika berolahraga di rumah, pastikan semua perlengkapan siap digunakan. Jika berolahraga di pusat kebugaran, pastikan tempat tersebut nyaman sesuai kebutuhan untuk olahraga yang akan dilakukan.

4. Temukan Jenis Olahraga yang Digemari

Lakukan olahraga yang disukai. Anda juga bisa mencoba jenis olahraga baru atau tempat olahraga yang nyaman. Jika Anda suka dengan suatu jenis olahraga, maka Anda akan melakukannya dengan sepenuh hati dan melakukannya dengan konsisten.

5. Teman Berolahraga

Menemukan teman yang sama-sama semangat untuk berolahraga akan memotivasi diri untuk komitmen berolahraga. Membuat rencana dengan teman merupakan cara yang bagus sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab pada diri sendiri.

Sejumlah pelari saling berlomba pada Makassar Half Marathon 2016 di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (14/6). Lomba lari maraton dalam rangka HUT ke-43 Bosowa yang memperlombakan nomor lari 5K, 10K, dan 21K tersebut sebagai ajang mempromosikan kota Makassar dan diikuti 2.501 peserta dari delapan negara.  ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama/16Ilustrasi: Selain waktu olahraga yang baik, menemukan teman untuk olahraga juga bisa menjadi motivasi (Foto: ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Temukan Waktu Terbaik Berolahraga

Berolahraga sangat penting untuk tubuh kapanpun waktu terbaik untuk melakukannya. Belum ada studi yang menyatakan kapan waktu terbaik untuk berolahraga.

Hal penting yang bisa dilakukan adalah menemukan waktu olahraga yang sesuai dengan aktivitas serta kondisi tubuh.

Menjaga rutinitas berolahraga dan konsisten melakukannya setiap hari akan memberikan manfaat yang besar pada tubuh. Maka dari itu, menemukan waktu olahraga yang baik sangat sesuai dengan kondisi masing-masing orang.

Bangun Kebiasaan Berolahraga

Jika belum bisa konsisten berolahraga, cobalah untuk menjadwalkan waktu yang sama setiap harinya untuk berolahraga. Hal ini akan membangun kebiasaan untuk berolahraga.

Pilih waktu pagi, sore, atau malam untuk berolahraga sehingga menjadi rutinitas. Lakukan terus hingga berolahraga dirasa seperti kebutuhan alami tubuh Anda.

(rst/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER