Olahraga yang Dilarang saat Haid, Bisa Picu Kram

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 01/11/2020 16:21 WIB
Simak jenis olahraga saat haid dan yang dilarang, lantaran ada jenis olahraga yang bisa memperparah kram dan nyeri datang bulan. Ilustrasi: Simak jenis olahraga saat haid dan yang dilarang, lantaran ada jenis olahraga yang bisa memperparah kram dan nyeri datang bulan. (Foto: Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olahraga saat haid disebut dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Namun, ada jenis olahraga tertentu yang dapat menambah rasa tak nyaman dan menimbulkan masalah lain bagi ketika sedang haid.

Untuk itu, penting untuk mengetahui jenis olahraga saat haid lantaran ada yang diperbolehkan dan justru dilarang selama masa datang bulan.

Secara umum, haid atau menstruasi merupakan proses alamiah yang terjadi pada organ tubuh perempuan sebagai tanda kesiapan bereproduksi.


Siklus bulanan pada setiap perempuan ini seringkali menjadi momen yang mengganggu, terlebih di fase premenstruation syndrome (PMS) yang kerap menghambat aktivitas.

Ketika mengalami gejala fisik PMS, perempuan umumnya merasakan nyeri perut disertai kram, mudah letih, hilang nafsu makan, hingga perubahan mood.

Di hari-hari pertama haid, beberapa orang terkadang memilih untuk beristirahat. Ada pula di antara mereka yang memutuskan berolahraga karena memiliki manfaat.

Studi Journal of Education and Health Promotion mencatat, manfaat olahraga teratur selama tiga hari dalam sepekan dengan durasi rata-rata 30 menit dapat membantu kurangi rasa nyeri saat haid.

Ilustrasi kentutIlustrasi: Sejumlah olahraga dilarang saat haid (Foto: Thinkstock/9nong)

Pada saat berolahraga, tubuh seseorang akan menghasilkan hormon endorfin. Yakni senyawa kimia yang dilepaskan otak untuk mengurangi rasa nyeri khususnya pada perempuan haid.

Hal tersebut juga diperjelas oleh American College of Obstetricians and Gynecologists yang menyatakan bahwa berolahraga saat haid membantu meningkatkan suasana hati dan meminimalisasi depresi.

Cukup banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan saat haid, seperti yoga, jogging, bersepeda, atau sekadar berjalan santai. Akan tetapi, ada juga beberapa olahraga yang sebaiknya dikurangi porsinya, terutama ketika mengalami rasa nyeri haid berlebih.

Olahraga yang Dilarang saat Haid

Office on Women's Health (OWH) menyebut aktivitas fisik selama haid bisa meningkatkan energi, namun berpotensi menimbulkan kelelahan ekstrem dan memperparah kram pada perut. Sejumlah olahraga dilarang saat haid meliputi:

1.  Olahraga berat dengan durasi lama

Olahraga Jazzercise, kombinasi aerobik dan jazz danceFoto: Dok. Jazzercise.inc
Ilustrasi. Aerobik, senam kardio, angkat beban merupakan olahraga yang dilarang saat haid

Olahraga berat seperti angkat beban, kardio, lari atau joging, dan bela diri membutuhkan banyak energi dan tekanan pada tubuh, terutama kerja otot.

Kondisi otot tubuh saat haid cenderung lebih melemah sehingga bila dipaksa melakukan olahraga berat sangat berpeluang mengalami cedera otot.
 
Selain itu, cedera otot ini bisa menyebar ke bagian lainnya, termasuk cedera pada persendian.

Penyebab cedera otot saat haid biasanya karena durasi olahraga berlebih. Olahraga dengan durasi mencapai 60 menit saat haid berpotensi menyebabkan peradangan hingga pendarahan hebat saat haid.
 
Olahraga berlebih ketika haid juga memicu rasa mual, lelah dan letih, sakit kepala atau rasa tidak nyaman terutama pada area kewanitaan.

2.  Yoga

In this picture taken on March 26, 2020, personal trainer Kristen Handford, 33, records a fitness class for her clients in Discovery Bay, on the outlying Lantau Island in Hong Kong. - More than 3.4 billion people have been called on or forced by authorities to stay at home, around 44 percent of the world population, according to a count based on an AFP database. Many are wondering how they can stay healthy during the weeks -- and possibly months -- of self-isolation that lie ahead. Hong Kongers, who live in some of the world's smallest apartments, say it can be done. (Photo by Anthony WALLACE / AFP) / TO GO WITH HongKong-health-virus-fitness,FOCUS by Jerome TAYLORFoto: Anthony WALLACE / AFP
Yoga boleh dilakukan asal menghindari posisi headstand

Yoga yang sering menjadi solusi olahraga saat haid karena kebutuhan spiritual dan berkhasiat membantu mengontrol mood.

Namun, beberapa gerakan atau pose yoga dilarang saat haid. Salah satu yang dilarang adalah head stand, atau pose lainnya yang memosisikan kaki di atas kepala.

Hal tersebut tidak dianjurkan karena dapat memicu penyumbatan pembuluh darah di rahim dan dapat menyebabkan gangguan reproduksi. Dampak dari gangguan reproduksi tersebut bisa dialami jangka panjang. 

3. Berenang

Ilustrasi LiburanFoto: Unsplash/Pixabay
Ilustrasi. Berenang merupakan olahraga yang dilarang saat haid karena berisiko menyebabkan keracunan darah. 

Terkadang perempuan bersikeras berenang ketika sedang haid dengan alasan bisa menggunakan tampon agar terhindar dari kebocoran.

Tapi penggunaan tampon saat berenang harus diwaspadai karena bisa menyebabkan Toxic Shock Syndrom (TSS) atau keracunan darah, melansir Healthline.
 
Dampak sindrom tersebut bisa menimbulkan reaksi fatal pada kesehatan, terlebih jika tidak langsung ditangani dengan tepat oleh bantuan medis.

Berenang juga tidak dianjurkan dilakukan saat haid untuk mencegah terjadinya kram perut ketika di dalam air.

Olahraga yang Dianjurkan ketika Haid

Untuk mengganti jenis-jenis olahraga yang dilarang saat haid, beberapa jenis olahraga bisa jadi pilihan. Ketika haid baiknya seseorang melakukan olahraga yang relatif ringan, di antaranya:

1. Jalan kaki

ilustrasi jalan kakiIlustrasi: Jalan kaki bisa dipilih sebagai jenis olahraga saat haid (Foto: iStockphoto/ gbh007)

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang dianjurkan bagi seseorang yang sedang haid.

Olahraga ini tidak membutuhkan banyak kerja otot yang bisa memicu kram dan cedera otot. Berjalan kaki cukup ampuh untuk mengendalikan mood orang yang sedang haid.

2. Kardio Ringan

Latihan kardio atau aerobik dengan intensitas rendah dianjurkan dilakukan orang yang sedang haid. Selain untuk mengendalikan mood, kardio ringan juga dinilai baik untuk merawat kerja paru-paru. Hal tersebut jadi nilai tambah untuk menciptakan siklus haid yang sehat.

3. Peregangan

In this picture taken on March 26, 2020, Alison Yuen, 32, who is a Singapore national, takes a fitness class which was recorded by her personal trainer Kristen Handford, 33, as her dog sits nearby in her kitchen in Discovery Bay, on the outlying Lantau Island in Hong Kong. - More than 3.4 billion people have been called on or forced by authorities to stay at home, around 44 percent of the world population, according to a count based on an AFP database. Many are wondering how they can stay healthy during the weeks -- and possibly months -- of self-isolation that lie ahead. Hong Kongers, who live in some of the world's smallest apartments, say it can be done. (Photo by Anthony WALLACE / AFP) / TO GO WITH HongKong-health-virus-fitness,FOCUS by Jerome TAYLORFoto: Anthony WALLACE / AFP
Olahraga saat haid adalah peregangan ringan. Gerakan ini tak terlalu menekan otot sehingga bisa mencegah kram

Melakukan peregangan seperti pada gerakan Tai chi dan pilates dapat membantu meregangkan otot yang terasa tegang terutama saat sedang menstruasi.

Gerakan pada pilates bagus untuk mengurangi rasa kram serta nyeri haid, sementara gerakan tai chi efektif untuk mengurangi ketegangan dan stres.

Itulah olahraga yang dilarang dan diperbolehkan saat haid. Meski tak ada larangan untuk berolahraga selama datang bulan, jangan tidak terlalu memaksa tubuh melakukan olahraga atau memforsir tubuh terlalu keras karena otot-otot rahim bisa berkontraksi dan memperparah kram perut.

(avd/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK