Misteri Devil's Kettle, Dua Air Terjun Tanpa Muara

CNN Indonesia | Minggu, 27/09/2020 11:21 WIB
Air Terjun Devil's Kettle selalu membuat penasaran pengunjung, karena aliran airnya tak diketahui bermuara di mana. Penampakan air terjun misterius, Devil's Kettle, di Minnesota, Amerika Serikat. (iStockphoto/ramesh1502
Jakarta, CNN Indonesia --

Jika air terjun dikenal selalu berujung di muara, namun tidak dengan Air Terjun Devil's Kettle. Air terjun ini terletak di Taman Nasional Judge Magney, di Grand Marais, Minnesota, Amerika Serikat.

Secara penampakan, tempat ini terdiri dari dua air terjun yang terbelah oleh satu bongkahan batu besar. Namun yang aneh ialah salah satu dari air terjun itu disebut-sebut tak memiliki muara dan membingungkan ahli hidrologi.

Satu air terjun mengalir ke sungai dan air terjun lainnya mengalir ke sebuah lubang yang hingga kini tak ditemukan ujungnya. Karena itu orang setempat menyebutnya Devil's Kettle.


Warga setempat sudah mencoba pelbagai cara sebagai pembuktian muara air terjun tersebut.

Mulai dari tongkat, bola pingpong, rambu jalan, GPS hingga mobil pernah dijatuhkan ke lubang tersebut.

Namun, hasilnya barang-barang tersebut tidak tahu di mana keberadaannya dan tidak pernah kembali.

Dikutip dari MPRNews, Manajer taman nasional, Petter Mott, menjelaskan bahwa warga setempat meyakini air terjun in bermuara ke Kanada atau ke Sungai Mississippi.

Departemen Sumber Daya Alam setempat menjelaskan bahwa barang-barang tersebut kembali ke sungai dari bawah tanah.

Hal ini ditemukan pemerintah setempat dengan mengecek volume air di atas dan di bawah air terjun.

Seorang ahli hidrologi bernama Jeff Green mencoba melakukan pembuktian terhadap keberadaan muara Air Terjun Devil's Kettle.

Ia meminta ahli lainnya untuk mengukur debit air di hulu dan hilir sebagai bentuk pembuktian.

Cara ini dianggap merupakan cara yang paling minim kesalahan dan paling presisi untuk mencari tahu ujung dari Devil's Kettle.

"Beberapa minggu kemudian mereka mengumpulkan barang-barang dan mengirimkannya kepada saya dan berkata, 'Ini angkanya: 123 kaki kubik per detik di hulu dari Ketel Setan dan 121 kaki kubik per detik di hilir,',"kata Green.

Dari pengukuran itu diungkapkan Green bahwa tidak ada aliran air yang benar-benar jatuh ke sungai. Pada dasarnya semua barang yang dijatuhkan akan kembali ke aliran dasar Devil's Kettle.

Sementara itu, Green menjelaskan mengenai barang yang tak pernah kembali. Ia mengatakan kemungkinan yang terjadi ialah barang-barang tersebut hancur berkeping-keping sebelum muncul kembali.

"Saat air kembali naik, ia 'memompa ulang' airnya naik," kata Green.

"Jika orang-orang membuang bola pingpong ke dalamnya, mereka akan hancur lebur oleh arus yang bersirkulasi saat air melewati [air terjun]." lanjut dia.

Green sendiri mengakui masih ada banyak misteri di Devil's Kettle. Karenanya, Peter mengatakan bahwa misteri Devil's Kettle akan terus menjadi bagian cerita panjang di ilmu pengetahuan.

"Beberapa orang mungkin kecewa terhadap hasil ini. Tapi pada akhirnya Anda belajar untuk menerima ilmu itu, dan menjadikannya bagian dari cerita Anda." tutup dia.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]



(cti/ard)

[Gambas:Video CNN]