Populer di Instagram, Aksi Susun Batu Usik Kelestarian Alam

CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 13:12 WIB
Populer di Instagram, Aksi Susun Batu Usik Kelestarian Alam Ilustrasi. (Andy Buchanan / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama beberapa tahun belakangan ini, turis sering berkumpul ke kawasan pesisir Spanyol, seperti di Playa Jardin dan El Beril untuk mendirikan menara batu.

Aktivitas menyusun menara batu menjadi populer di Instagram. Tak cuma di Spanyol, aktivitas ini juga ramai dilakukan di kawasan pesisir lainnya.

Namun tak banyak yang tahu bahwa aktivitas menyusun bebatuan sebenarnya dapat merusak ekosistem pantai.



Saat ini kelompok pecinta lingkungan di Spanyol sedang giat berkampanye menolak aktivitas yang ternyata membahayakan keberlangsungan ekosistem alam pesisir.

Kampanye itu diluncurkan oleh organisasi lokal dengan pemerintah Pulau Tenerife dengan cara menyebarkan poster peringatan ancaman terhadap lingkungan.

Pedro Luis Sanchez, seorang ahli biologi di Taman Nasional Teide, membuat video yang mendukung kampanye dengan judul #PasaSinHuella (Leave No Trace).

"Batu-batu di sana menjadi habitat alami makhluk hidup di kawasan pesisir, seperti tanaman dan serangga. Makanan untuk mereka biasanya tersedia di bawah bebatuan. Batu-batu juga berguna untuk kesuburan tanah. Ketika kita menumpuk bebatuan, kita mengambil rumah mereka," kata Sanchez dalam videonya, seperti yang dikutip dari Lonely Planet pada Senin (26/8).

[Gambas:Youtube]


Tim kampanye, yang terdiri dari 150 relawan pecinta lingkungan, bertemu pada pekan lalu di kawasan pesisir Pulau Tenerife untuk membongkar menara batu dan meratakannya.

Dalam waktu hampir satu jam, bebatuan di kawasan tersebut telah rata. Tetapi keesokan harinya, sejumlah menara bebatuan telah dibangun kembali.

Jaime Coello, direktur Fundacion Telesforo Bravo-Juan Coello menuntut tindakan lebih lanjut.

"Kami membutuhkan aturan untuk menjatuhkan hukuman pada mereka yang terus membangun menara batu ini," kata Coello dalam surat kabar Tenerife El Dia.

David Hernandez, seorang juru bicara lingkungan setempat, menjelaskan bahwa poster berisi peringatan dan edukasi segera dipasang, dan pemerintah setempat sedang berembuk untuk menerbitkan larangan membangun menara bebatuan di Pulau Tenerife.

(vvn)