Kerap Dikaitkan dengan Kanker, Kota Asbestos Ganti Nama

CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 17:50 WIB
Kota di Kanada, Asbestos, telah memilih untuk mengganti namanya menjadi Pemandangan kota Asbestos di Kanada. (AFP/ERIC THOMAS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kota di Kanada, Asbestos, telah memilih untuk mengganti namanya menjadi "Val-des-Sources", walikota mengumumkan Senin (19/10), dengan harapan untuk melepaskan hubungannya dengan mineral mematikan itu.

Asbestos, sebuah kota yang berjarak 100 kilometer dari Montreal dengan populasi 6.700 jiwa, secara historis terjalin dengan tambang asbes Jeffrey di dekatnya, yang aktif hingga 2012 dan merupakan tulang punggung ekonomi lokal.

Tetapi kota itu memutuskan untuk mengubah namanya sebagian besar karena alasan ekonomi, sejak asbes - mineral kristal berserat yang sering digunakan sebagai bahan bangunan - dinyatakan sebagai penyebab kanker oleh WHO pada 1980-an.


"Sayangnya, kata 'asbestos' tidak memiliki konotasi yang baik, terutama di kalangan penutur bahasa Inggris. Ini merupakan kendala bagi kota untuk mengembangkan hubungan ekonomi di luar," kata kota itu pada November 2019 menyusul keputusan untuk mengganti namanya.

Nama baru itu diresmikan pada pertemuan dewan kota khusus yang disiarkan langsung di halaman Facebook resmi pemerintah kota.

"Kota kami tidak hanya akan mengubah namanya, tetapi kami melakukannya dengan cara yang unik," kata walikota Hugues Grimard.

Pekan lalu, warga Asbestos yang berusia 14 tahun ke atas diminta untuk memberi suara dalam peringkat nama dengan enam pilihan: Val-des-Sources, Azur-des-Cantons, Jeffrey-sur-le-Lac, Larochelle, Phenix dan Trois-Lacs.

Nama-nama lain yang diusulkan harus memenuhi beberapa kriteria, seperti nama harus dalam bahasa Prancis dan harus menggambarkan "sejarah kota, tetapi tanpa konotasi asbes secara langsung."

Para Asbestrians secara resmi akan menjadi Valsourcians pada bulan Desember, setelah pilihan mereka telah diratifikasi oleh otoritas yang berwenang, kata walikota.

(AFP/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK