7 Trik Jitu Memulai Obrolan di Aplikasi Kencan

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 07/11/2020 14:01 WIB
Kesan pertama begitu penting saat pertama kali berkenalan, termasuk di aplikasi kencan. Berikut beberapa trik jitu untuk memulai obrolan. Kesan pertama begitu penting saat pertama kali berkenalan, termasuk di aplikasi kencan. (Istockphoto/Martin-dm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kesan pertama begitu penting saat pertama kali berkenalan, termasuk di aplikasi kencan. Mulai dari foto hingga hal-hal yang disukai, semua jadi pertimbangan untuk melanjutkan obrolan.

Mantan sosiolog untuk Tinder dan Bumble, Jess Carbino mengungkapkan bahwa manusia memiliki hasrat alami untuk mencerna informasi sedikit demi sedikit untuk mengambil keputusan besar.

Oleh karenanya, cara Anda menyapa mereka untuk pertama kali akan sangat menentukan. Anda ingin pakai cara klasik atau unik dan berbeda?


Berikut beberapa trik memulai obrolan di aplikasi kencan.

1. Tetap singkat

"Banyak orang terlalu menginvestasikan waktu dan energinya untuk mengirimkan teks dan merangkainya sebaik mungkin. Namun pada akhirnya, ini hanya permainan online," ungkap Adam Lo Dolce, relationship coach, dilansir dari Women's Health.

Anda harus ingat bahwa orang yang Anda kirimi teks bisa saja banyak menerima teks dari orang lain. Itulah mengapa memulai dengan sapaan singkat, manis dan personal akan jauh lebih berkesan.

Misalnya, 'Hai di foto kamu terlihat menyenangkan, bagaimana harimu?' atau bisa juga mengomentari keterangan yang tertera di profil.

Untuk itu, Anda bisa menjadikan profil modal besar untuk memulai percakapan.

2. Sedikit merayu

Ada banyak orang yang mengirim pesan 'Hai' atau 'Halo'. Pesan-pesan seperti ini sangat mudah diabaikan. Dolce menyarankan Anda untuk lebih berani.

"Merayu seseorang jadi cara hebat untuk membuat diri tampil beda," kata dia.

Rayuan ini menunjukkan ketertarikan dan keluar dalam kata-kata yang menyenangkan tanpa unsur menghakimi.

'Suka The Killers ya? Agak lawas tapi aku juga masih mendengarkan lagu mereka', 'Katanya enggak suka es krim? Kok bisa sih?', atau 'Anjing yang di foto beneran punyamu atau properti foto?'

3. Tanya asal mereka

Carbino mengatakan saat menjalin komunikasi dengan seseorang untuk pertama kali, penting untuk memberikan sinyal bahwa Anda tertarik. Tak ada salahnya menanyakan asal mereka agar bisa mengenal lebih baik.

"Pertanyaan paling aman adalah 'Aslinya dari mana?' karena semua orang pasti dari suatu tempat," ujarnya.

Bentuk pertanyaannya bisa beragam misalnya, 'Berapa lama tinggal di Jakarta?', 'Wah asli Malang ya? Aremania dong!', 'Kulihat ada foto kamu di Paris, tahun lalu sempat mampir. Kamu asli sana?'.

4. Lontarkan pujian

Jika Anda menemukan hal yang keren tentangnya, jangan segan untuk melontarkan pujian. Dolce mengingatkan untuk melontarkan pujian secara general, bukan menyangkut tampilan fisik. Anda mungkin menemukan foto si dia bermain voli sehingga pujian yang terlontar bisa 'Wah keren nih main voli, pasti sempat ikutan lomba.'

5. Manfaatkan fitur aplikasi kencan

Anda bakal makin lihai merepresentasikan diri di aplikasi kencan saat memanfaatkan fitur di dalamnya. Bisa saja seseorang Anda ajak mengobrol juga melakukan hal sama semisal mencantumkan tautan Spotify atau unggahan terakhir di Instagram. Ini juga bisa jadi permulaan untuk mengobrol.

6. Tanya hobi dan kesukaan

Trik ini bisa jadi yang paling sederhana di antara yang lain. Keputusan untuk mengobrol kadang datang dari hobi atau kesukaan yang sama sehingga Anda tidak perlu bingung untuk memulai pembicaraan.

Rangkai pertanyaan yang menggiring orang untuk memberikan jawaban panjang bukan sekadar jawaban 'ya' atau 'tidak'.

Anda berdua sama-sama suka menonton serial di Netflix, misalnya, Anda bisa ceritakan serial yang baru Anda selesaikan dan bertanya rekomendasi serial padanya.

7. Kembali ke cara klasik

Anda masih merasa gugup meski enam trik sudah dibagikan? Tenang, cara klasik memang cenderung aman. Lempar pertanyaan-pertanyaan dasar misalnya 'Suka nonton anime apa?', 'Suka genre film apa?', atau 'Terakhir travelling ke mana?'

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK