7 Jenis Penyakit Kelamin yang Paling Umum

tim | CNN Indonesia
Senin, 09 Nov 2020 15:53 WIB
Penyakit kelamin dikenal juga dengan penyakit menular seksual. Terdapat beberapa jenis penyakit kelamin yang umum diketahui. Terdapat beberapa jenis penyakit kelamin yang umum diketahui. (Istockphoto/ Andresr)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyakit kelamin dikenal juga dengan penyakit menular seksual. Terdapat beberapa jenis penyakit kelamin yang umum diketahui.

Penyakit kelamin merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit yang umumnya ditularkan melalui hubungan seksual melalui vagina, anal, dan oral.

Beberapa penyakit kelamin dapat disembuhkan, tapi sebagian lain dapat menyebabkan komplikasi parah.


Berikut tujuh jenis penyakit kelamin, sebagaimana dilansir Healthline.

1. Klamidia

Klamidia merupakan jenis penyakit kelamin yang paling banyak terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Chlamydia trachomatis.

Penyakit ini pada awalnya tidak mengembangkan gejala. Gejala baru muncul setelah beberapa waktu meliputi rasa sakit atau ketidaknyamanan saat berhubungan seks atau buang air kecil, keluarnya cairan berwarna hijau atau kuning dari penis atau vagina, dan nyeri di perut bagian bawah.

Jika tidak diobati, klamidia dapat menyebabkan infeksi pada uretra, kelenjar prostat atau testis, penyakit radang panggul, dan infertilitas.

2. HPV

Human papillomavirus (HPV) adalah virus yang ditularkan dari kontak kulit ke kulit atau hubungan seksual. Ada banyak jenis virus yang berbeda. Beberapa lebih berbahaya dari yang lain.

Gejala HPV yang paling umum adalah kutil di alat kelamin, mulut, atau tenggorokan. Sebagian HPV menyebabkan kanker mulut, kanker serviks, kanker vulva, kanker penis, dan kanker rektal.

3. Sifilis

Sifilis merupakan jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Gejala pertama yang muncul pada sifilis adalah berupa luka bulat kecil di alat kelamin, anus, ataupun mulut.

Gejala sifilis dapat berkembang menjadi ruam, kelelahan, demam, sakit kepala, nyeri sendi, penurunan berat badan, dan rambut rontok. Jika tidak diatasi maka dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, pendengaran, memori, infeksi otak, penyakit jantung, hingga kematian.

4. HIV

HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Selain kontak seksual, HIV juga dapat menular melalui darah dan jarum suntik.

Pada tahap awal gejala HIV menyerupai gejala flu seperti demam, panas dingin, sakit dan nyeri, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, sakit kepala, mual, dan ruam.

5. Gonore

Gonore juga merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Gonore awalnya sering kali muncul tanpa gejala.

Setelah beberapa waktu, gejala yang muncul berupa keluarnya cairan berwarna putih, kuning, krem, atau hijau dari penis atau vagina. Lalu, timbulnya rasa sakit atau tidak nyaman saat berhubungan seks atau buang air kecil, lebih sering buang air kecil dari biasanya, serta gatal di sekitar alat kelamin

6. Herpes

Herpes merupakan nama singkat untuk virus herpes simpleks (HSV). Gejala herpes yang paling umum adalah luka lepuh yang berkembang di sekitar alat kelamin atau mulut. Luka umumnya mengeras dan sembuh dalam beberapa minggu.

7. Kutu kemaluan

Kutu kemaluan biasanya hidup di rambut kemaluan. Kutu ini memakan darah manusia untuk bisa hidup. Keberadaan kutu kemaluan dapat menyebabkan gatal di area tersebut. Kutu kemaluan bisa dibasmi dengan obat-obatan.

Beberapa jenis penyakit kelamin ini dapat dicegah dengan melakukan hubungan seksual yang aman dan tidak berganti-ganti pasangan.

(ptj/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER