5 'Kode Keras' Kala Ingin Lanjut ke Kencan Kedua

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 28/11/2020 15:58 WIB
Terkadang, timbul rasa gengsi hingga takut untuk mengajak kencan berikutnya setelah pertemuan pertama. Berikut sejumlah 'kode' yang bisa Anda coba: Ilustrasi. Terkadang timbul rasa gengsi hingga takut untuk berlanjut ke kencan berikutnya setelah pertemuan pertama. (Brodie Vissers via StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia --

Umumnya, kencan pertama bakal terasa canggung. Anda kerap dibuat bingung untuk bersikap misterius tapi 'dingin' atau ramah tapi dianggap sok akrab.

Namun seiring waktu, Anda dan teman kencan ini bakal beradaptasi dan memulai kencan yang menyenangkan. Kala sudah menemukan kecocokan, tentu ada rasa harap kencan berlanjut ke pertemuan kedua dan seterusnya.

Hanya saja, terkadang timbul rasa gengsi serta takut ditolak jika langsung mengutarakan. Untuk mengatasi situasi ini Anda dapat mencoba beberapa cara.


Berikut serangkaian 'kode' yang bisa Anda sampaikan sehingga si dia paham bahwa kehadirannya begitu diinginkan.

1. Tunjukkan rasa ingin tahu

Salah satu cara mudah untuk memberikan kode bahwa Anda tertarik adalah dengan menunjukkan rasa ingin tahu. Anda bisa menunjukkan ketertarikan untuk mengenal dirinya lebih dalam dari sebelumnya.

Apalagi, orang biasanya suka membicarakan dirinya sendiri, jadi manfaatkan saja kesempatan mengobrol via teks usai kencan pertama.

"Ajukan pertanyaan tentang diri mereka yang benar-benar membuat Anda penasaran. Semua orang suka membicarakan diri mereka sendiri. Ini menunjukkan bahwa Anda tertarik dan membuat mereka merasa nyaman," ujar Diana Dorell, dating coach sekaligus penulis, sebagaimana dilansir dari Elite Daily.

2. Fokus pada si dia

Kencan jadi ruang penting untuk Anda dan calon pasangan potensial. Jaga fokus Anda hanya untuk dia, bukan meladeni distraksi sekitar apalagi pada ponsel.

Saat Anda fokus padanya, ini berarti bahwa Anda menikmati kehadirannya dan benar-benar ingin mengenalnya lebih.

Allana Pratt, intimacy expert, mengatakan bahwa Anda bisa tetap 'hadir' dalam kencan dengan memperhatikan apapun yang si dia bicarakan.

"Saat Anda bertanya berdasar pada apa yang dia bicarakan berarti Anda tidak mendengarkan atau tidak peduli. Sederhananya, perhatikan dan katakan 'Coba ceritakan lagi' agar bisa memperdalam keintiman dan meningkatkan koneksi," katanya.

3. Sentuhan tangan

Saat kencan dilakukan langsung atau ada pertemuan fisik, Anda bisa memaksimalkan 'kode' dengan gestur kecil. Dorell berkata bahwa sentuhan ringan bisa menimbulkan koneksi lebih dalam dan lebih intim.

Memberikan sentuhan mungkin bisa disesuaikan dengan suasana obrolan. Tidak masalah Anda menepuk pundak atau paha si dia karena candaannya yang lucu. Bisa juga saat dia bercerita hal yang cukup membuat sedih, Anda bisa menyentuh tangan untuk menunjukkan simpati.

"Jangan menyentuh tangan si dia tanpa alasan dan menggenggamnya. Sentuh atau genggam saat dia mengatakan sesuatu yang mengundang rasa peduli atau rasa bahagia," kata Cherlyn Chong, dating and breakup coach.

4. Jaga bahasa tubuh tetap terbuka

Pesan tidak hanya disampaikan secara verbal tetapi juga non-verbal. Bahasa tubuh atau gestur bisa jadi 'alat' yang ampuh.

Dorell menyarankan untuk menjaga bahasa tubuh tetap terbuka. Bagaimana caranya?

"Jaga tangan dan kaki tidak menyilang. Menyilangkan tangan dan kaki mengindikasikan Anda tertutup. Jadi jaga agar tetap terbuka," kata dia.

5. Jujur saja

Segala kode sudah dilancarkan tetapi si dia tetap belum paham? Kini saatnya Anda mengungkapkannya secara langsung.

Di akhir kencan, sampaikan padanya Anda berharap bertemu si dia lagi. Pratt mengatakan Anda bisa mengungkapkan bahwa Anda melewatkan waktu yang menyenangkan dengannya dan ingin bertemu kembali.

Kencan memang 'permainan' tebak-tebakan perasaan. Namun, tak ada salahnya menyampaikan secara langsung sehingga memudahkan si dia tahu apa yang Anda inginkan.

"Untuk memperjelas kebingungan siapa yang lebih suka, ini lebih mudah untuk langsung saja bilang kalau ingin ada kencan kedua," kata Dorell.

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK