5 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat Dokter

tim, CNN Indonesia | Senin, 30/11/2020 23:05 WIB
Selain menggunakan pengobatan medis, terdapat sejumlah cara untuk mengatasi insomnia. Ilustrasi. Selain menggunakan pengobatan medis, terdapat sejumlah cara untuk mengatasi insomnia. (Istockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Insomnia merupakan gangguan yang menyebabkan seseorang sulit tidur atau tidur dengan nyenyak. Selain menggunakan pengobatan medis, terdapat sejumlah cara untuk mengatasi insomnia.

Cara mudah mengatasi insomnia ini dapat dilakukan dengan melibatkan perubahan gaya hidup, pola makan, olahraga, dan kesehatan mental.

Berikut cara mengatasi insomnia tanpa obat dokter:


1. Konsumsi herbal

Sejumlah studi menunjukkan konsumsi herbal dapat membantu mengatasi insomnia. Beberapa herbal yang bisa dikonsumsi diantaranya akar valerian, kamomil, dan daun balsem.

2. Relaksasi

Sebagaimana dilansir Healthline, praktik relaksasi juga dapat membantu mengatasi insomnia.

Cobalah untuk rutin melakukan relaksasi seperti menggunakan aromaterapi, minyak, maupun pijat. Cara itu akan menenangkan tubuh dan pikiran Anda, sehingga membantu Anda tidur lebih mudah dan nyenyak.

3. Meditasi

Shot of an attractive young woman practicing yoga at homeIlustrasi meditasi. (Istockphoto/PeopleImages)

Meditasi dan memusatkan pikiran atau mindfulness dapat menjadi alternatif mengatasi insomnia. Meditasi dan mindfulness dapat dilakukan melalui sejumlah cara seperti yoga, tai chi, dan latihan pernapasan.

4. Olahraga teratur

Olahraga juga membantu tidur lebih nyenyak. Saat berolahraga tubuh akan bekerja dan beristirahat lebih mudah di malam hari. Dikutip dari Web MD, sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur.

Orang dewasa direkomendasikan olahraga rutin lima kali dalam seminggu selama 30-60 menit dengan intensitas ringan hingga sedang.

5. Hindari makan sebelum tidur

Hindari konsumsi makan besar sebelum tidur. Makan sebelum tidur membuat organ bekerja sehingga membutuhkan waktu lama untuk rehat kembali.

Hindari pula konsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur. Sebaiknya pilih makanan dan minuman yang dapat membuat tidur lebih nyenyak seperti buah, susu, dan kacang.

Jika insomnia tak kunjung membaik disertai dengan sejumlah gejala lain seperti nyeri, sakit kepala, sakit perut, sakit dada, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh.

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK