7 Cara Menghilangkan Migrain Tanpa Obat

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 11/12/2020 05:52 WIB
Obat bukan satu-satunya pilihan untuk meredakan migrain. Sebelum meminum obat, coba dulu beberapa cara menghilangkan migrain tanpa obat berikut ini. Ilustrasi. Sebelum meminum obat, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mencoba beberapa cara menghilangkan migrain tanpa obat. (Istockphoto/Cecilie_Arcurs)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala berdenyut yang diakibatkan migrain bisa jadi sangat mengganggu. Ada beberapa cara menghilangkan migrain tanpa obat yang bisa Anda lakukan.

Migrain sendiri merupakan sakit kepala yang terasa berdenyut dan biasanya terjadi hanya pada satu sisi kepala. Selain kepala yang berdenyut, migrain juga bisa memicu gejala lain seperti mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya atau suara.

Berbagai faktor bisa memicu migrain termasuk perubahan hormonal, makanan dan minuman tertentu, stres, dan intensitas olahraga berlebih. Umumnya, obat diberikan sebagai pereda nyeri akibat migrain.


Namun, obat bukan satu-satunya jalan keluar untuk mengatasi migrain. Sebelum menenggak obat, ada baiknya jika Anda mencoba beberapa cara alternatif untuk mengatasinya.

Berikut beberapa cara menghilangkan migrain tanpa obat yang bisa Anda coba, mengutip berbagai sumber.

1. Kompres panas atau dingin

Terapi suhu seperti kompres panas atau dingin dan mandi air hangat bisa membantu meredakan migrain. Mengutip She Knows, National Headache Foundation menyebut, es dan air panas bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit.

Sebagian besar orang yang mengalami migrain memilih kompres dingin. Sedangkan kompres panas umumnya dipilih oleh mereka yang mengalami sakit kepala akibat ketegangan otot.

ilustrasi kompres kepalaIlustrasi. Kompres kepala dengan es batu bisa jadi salah satu cara menghilangkan migrain tanpa obat. (iStockphoto/izusek)

Namun, jangan menggunakan air yang terlalu panas atau dingin. Suhu yang terlalu ekstrem justru bisa memperburuk sakit kepala. Otot juga bisa kram hingga kulit terbakar jika terlalu panas.

Sementara kompres dingin sebaiknya hanya dilakukan maksimal selama 15 menit. Lepas dan beri jarak untuk kompres berikutnya.

2. Menghirup aroma lavender

Aroma lavender bisa menimbulkan perasaan rileks.

Mengutip Everyday Health, studi kecil yang dipublikasikan dalam jurnal European Neurology menemukan efek penggunaan minyak lavender pada orang yang mengalami migrain. Hasilnya, mereka yang menghirup aroma lavender selama 15 menit mengalami tingkat nyeri yang menurun.

Selain lewat minyak esensial, aroma lavender juga bisa diperoleh dari teh lavender atau produk inhaler dengan lavender.

3. Minum air mineral

Dehidrasi kadang bisa memicu migrain. Mengganti cairan tubuh bisa membantu tubuh mendapatkan keseimbangan cairan dan elektrolit. Air putih ampuh dalam menggantikan cairan tubuh.

Sulit membiasakan diri minum air putih? Mudah saja. Coba tambahkan irisan lemon atau jeruk nipis sehingga air terasa lebih enak dan menambah nutrisi.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk membatasi konsumsi kafein karena bisa menimbulkan dehidrasi jika diminum secara berlebih.

7 Cara Menghilangkan Migrain Tanpa Obat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK