Berkenalan dengan Tanaman Hias Happy Bean asal Amerika Latin

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/02/2021 16:43 WIB
Salah satu tanaman hias yang kini diburu adalah tanaman hias Happy Bean atau Peperomia ferreyrae. Bentuknya sederhana namun enak dipandang. Salah satu tanaman hias yang kini diburu adalah tanaman hias Happy Bean atau Peperomia ferreyrae. Bentuknya sederhana namun enak dipandang. (Foto: iStockphoto/SharafMaksumov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman hias Happy Bean atau dikenal dengan nama latin Peperomia ferreyrae merupakan tanaman hias yang termasuk dalam genus Peperomia. Peperomia (Peperomia vershaffeltii) adalah tanaman yang berasal dari kawasan Amerika Selatan, termasuk Brasil.

Tanaman ini terdiri dari 1.600 spesies. Beberapa Peperomia merupakan epifit atau tumbuh di cabang-cabang pohon. Mempunyai batang yang lunak, tanaman ini berair dan tingginya mencapai 30 cm.

Peperomia Ferreyrae adalah tanaman tropis yang tumbuh lambat namun kokoh, mereka dapat dengan mudah bertahan hidup. Tanaman Happy Bean membutuhkan sinar matahari yang cukup, drainase yang baik, dan penyiraman yang jarang untuk tumbuh subur.


Spesies Peperomia ini akan tumbuh sepanjang tahun, tidak seperti beberapa tanaman sukulen lain yang tidak aktif di musim dingin.

Setiap ruas daun Happy Bean memiliki daun tebal namun yang berwarna hijau limau. Daunnya berbentuk unik dengan ujung melengkung dan runcing, seperti dilansir Plantophiles.

Peperomia dapat diperbanyak melalui stek daun, stek batang, potong akar, dan biji. Cocok pula dijadikan tanaman hias yang dirawat secara indoor.

Anda dapat menjadikan tanaman ini sebagai tanaman terarium atau bisa juga sebagai tanaman gantung. Tanaman peperomia yang cocok dijadikan tanaman hias gantung adalah yang tumbuh merambat, bukan yang tegak lurus.

Cara Merawat Tanaman Hias Happy Bean

Tanaman Peperomia ferreyrae memiliki sebuah bantalan yang dapat tumbuh setinggi 30 cm dan memiliki daun hijau limau yang sempit, ramping, dan licin, serta berbentuk seperti peapod dan tumbuh di sepanjang batang hijau yang tebal dan tegak hingga 7 cm.

1. Cahaya dan Suhu

Tanaman ini tumbuh baik dengan cahaya terang, tapi dapat juga bertahan dalam kondisi cahaya rendah. Artinya, Happy Bean tidak bisa terkena sinar matahari langsung.

Kisaran suhu ideal untuk spesies keluarga Peperomia adalah 18-24 derajat celsius. Tanaman Peperomia Ferreyra tidak tahan saat musim dingin.Selain suhu yang lebih hangat, Peperomia menyukai kondisi lembap.

Dalam banyak kasus, tingkat kelembapan alami ialah pada suhu kamar. Tempatkan nampan kerikil berisi air di bawah tanaman jika udara mengering selama musim panas.

Lokasi ideal untuk merawat peperomia Anda adalah di ambang jendela yang menghadap ke timur atau barat. Jika ada banyak sinar matahari langsung, Anda bisa meletakkan tanaman di balik tirai tipis.

Karena peperomias adalah tanaman dengan cahaya redup, mereka juga tumbuh dengan baik di kantor yang memiliki penerangan fluorescent.

2. Penyiraman dan Pemberian Makan

Penyiraman adalah bagian sulit dari menumbuhkan dan merawat Peperomia. Kendati demikian di satu sisi, tanaman menyukai tanah agar tetap lembap tetapi sensitif terhadap penyiraman berlebihan.

Bagi Anda yang baru mulai berkebun, menyiram tanaman ini menjadi tantangan tersendiri sebab daunnya bersifat semi-sukulen. Oleh karena itu, konsumsi air yang diberikan harus tepat alias tidak berlebihan maupun kekurangan air.

Saat musim semi tiba, tanaman hias Happy Bean biasanya sangat aktif untuk bertumbuh maka dari itu berikan pupuk cair setiap dua minggu sekali. Hindari pemupukan sebulan sekali pada saat musim panas.

Tanaman Hias Happy Bean Peperomia FerreyraeTanaman Hias Happy Bean atau Peperomia Ferreyrae hidup dengan cahaya matahari redup (Foto: iStockphoto/SharafMaksumov)

Karena peperomi kecil, tanaman hias yang tumbuh lambat, mereka tidak membutuhkan banyak pupuk. Biasanya tanah yang kaya bahan organik memberikan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan yang sehat.

Salah satu tip perawatan untuk merawat peperomia dalam ruangan Anda dengan benar adalah membuang pupuk di antara waktu makan. Hal tersebut membantu mencegah penumpukan garam mineral yang dapat menyebabkan daunnya berguguran dan mengembangkan masalah pertumbuhan lainnya.

Jika Anda hendak menyiram tanaman peperomia ini, Anda dapat menyiram dari bawah agar batang dan daunnya tidak basah.

3. Struktur Tanah dan Transplantasi

Tanaman Happy Bean tumbuh dengan sangat baik di tanah yang berbasis gambut dengan drainase yang baik. Gunakan campuran pot yang berisi dua tanah gambut dan pasir untuk hasil yang terbaik.

Lalu, pindahkan tanaman ke pot baru dengan ukuran yang sama atau satu ukuran pot yang lebih besar di musim semi untuk menyegarkan tanah.

4. Perawatan dan Pemeliharaan

Tanaman Happy Bean tidak sulit untuk tumbuh maupun dirawat. Tanaman ini juga tidak merayap ke luar ruangan.

Oleh karena itu, Happy Bean merupakan salah satu tanaman favorit tukang kebun karena bukan tanaman yang tergolong merepotkan, seperti dikutip Plant Care Today.

Tanaman Hias Happy Bean Peperomia FerreyraeTanaman Hias Happy Bean atau Peperomia Ferreyrae tergolong mudah untuk dirawat (Foto: iStockphoto/roberto bucci)

Jenis-jenis Tanaman Hias Happy Bean

Terdapat sejumlah jenis dari tanaman asal Amerika Latin ini, berikut di antaranya:

1. Peperomia scandens

Peperomia scandens cocok dijadikan tanaman gantung. Peperomia jenis ini memiliki warna daun hijau dengan tepian daun berwarna kuning.

2. Peperomia glabella

Peperomia glabella atau dikenal pula dengan nama Cypress Peperomia adalah tanaman peperomia yang aslinya berasal dari Hindia Barat dan sebagian besar dari Amerika Selatan.

Warna hijau pada daunnya sangat bervariasi, tergantung pada tingkat cahaya yang diterima. Peperomia glabella memiliki daun berbentuk oval yang lebar, daun bagian atasnya memiliki lapisan lilin.

3. Peperomia argyreia

Peperomia argyreiamemiliki daun yang berlapiskan lilin dengan permukaan yang halus. Corak daunnya berupa gari-garis hijau dan putih menyerupaikulit buah semangka, sehingga dikenal dengan julukanpeperomia semangka.

4. Peperomia caperata

Peperomia caperata tumbuh rimbun seperti semak. Tanaman peperomia jenis ini memiliki daun berukuran kecil dan berwarna hijau. Daun tanaman ini berkerut dan tepiannya berwarna putih.

5. Peperomia magnoliifolia

Peperomia magnoliifolia adalah jenis peperomia yang tumbuh tegak dan memiliki daun besar. Warna tepi daunnya kuning dan menjalar hingga ke tengah daun. Meskipun tumbuh tegak, namun banyak pula yang menjadikannya sebagai tanaman gantung karena daunnya yang lebat.

6. Peperomia fraseri

Peperomia fraseri, atau "flowering peperomia" merupakan jenis peperomia yang berasal dari Ekuador. Dijuluki "flowering peperomia", karena menghasilkan bunga-bunga berwarna putih membentuk piramida dan beraroma harum.

Peperomia fraseri bisa diperbanyak melalui pemotongan daun atau dengan pemindahan cabang. Pemotongan daun bisa dilakukan setiap saat sepanjang tahun.

Nah, berikut penjelasan singkat, cara merawat, dan jenis-jenis Happy Bean atau tanaman Peperomia. Apakah Anda sudah mulai tertarik untuk memelihara?

(din/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK