Aturan Pola Makan dan Camilan Harian untuk Anak

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 23/01/2021 15:00 WIB
Makanan dan camilan yang bernutrisi tinggi penting untuk tumbuh kembang anak. Bagaimana aturan pola makan camilan harian yang tepat untuk anak? Ilustrasi. Makanan dan camilan yang bernutrisi tinggi penting untuk tumbuh kembang anak. (monkeybusinessimages/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Makanan dan camilan yang bernutrisi tinggi penting untuk tumbuh kembang anak. Bagaimana aturan pola makan camilan harian yang tepat untuk anak?

Dokter spesialis anak, Attila Dewanti menjelaskan, pola makan yang tepat dapat membantu memenuhi kebutuhan energi dan juga nutrisi untuk tumbuh kembang.

"Anak-anak cenderung lebih rentan terhadap bakteri dan penyakit, sehingga pemilihan asupan gizi dan camilan penting untuk anak," kata Attila dalam konferensi pers Paddle Pop, Jumat (22/1).


Oleh karena itu, Attila menyarankan agar orang tua atau pengasuh mampu memenuhi dan mengikuti aturan pola makan dan camilan untuk anak.

Berikut aturan pola makan dan camilan harian untuk anak.

1. Sarapan di pagi hari

Di pagi hari, penuhi kebutuhan gizi anak dengan sarapan. Sarapan berlangsung pada pukul 6-8 pagi. Beri anak asupan gizi seimbang yang memenuhi karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG), sarapan sebaiknya memenuhi kalori sekitar 400 gram.

2. Camilan sehat di antara makan pagi dan siang

Pada jeda sarapan dan makan siang antara pukul 9-11, beri anak camilan sehat.

"Ini-lah tugas orang tua harus memilih camilan yang baik, yaitu camilan yang memiliki nutrisi tinggi, dapat berupa kandungan susu atau buah itu baik untuk anak," kata Attila.

Camilan juga sebaiknya rendah gula, rendah garam, dan rendah lemak. Camilan yang disarankan mengandung sekitar 150 gram kalori.

3. Makan siang

Beri anak makan siang pada pukul 12 hingga 1 siang. Makanan yang diberikan harus mengandung gizi seimbang yakni karbohidrat, protein, lemak, buah, dan sayuran. Makan siang juga sebaiknya berkisar sekitar 400 gram kalori.

4. Camilan sehat di antara makan siang dan malam

Pada pukul 3-5 sore beri anak asupan camilan sehat. Variasikan jenis camilan dengan yang diberikan pada jeda makan pagi dan siang.

5. Makan malam

Makan malam dapat diberikan pada pukul 6-7 malam. Sama seperti makan pagi dan siang, makan malam juga harus memenuhi aturan gizi seimbang dengan 400 kalori.

Selain makanan, pastikan anak juga memiliki aktivitas fisik yang cukup karena baik untuk perkembangan motorik anak.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK