Tips Rutinitas Skincare untuk Usia 30-an

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/02/2021 22:55 WIB
Beda usia, beda pula rutinitas perawatan kulit yang dibutuhkan. Berikut rutinitas skincare untuk usia 30-an. Ilustrasi. Beda usia, beda pula rutinitas perawatan kulit yang dibutuhkan. (istockphoto/CoffeeAndMilk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rutinitas perawatan kulit menyesuaikan jenis kulit dan usia. Beda usia, beda pula rutinitas skincare yang dibutuhkan. Berikut rutinitas perawatan kulit untuk usia 30-an.

Memasuki usia kepala tiga, perawatan kulit wajah akan cukup berbeda dengan saat masih berusia 20-an. Pada usia 30-an, kadar hormon akan menurun. Begitu pula dengan kadar kolagen dan elastin kulit.

"Pergantian sel kulit akan melambat di usia 30-an dan kulit tidak kenyal seperti dulu," ujar ahli kecantikan, Lorraine Scrivener, mengutip Women's Health Magazine.


Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan produk perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini.

Pada dasarnya, tak ada rutinitas yang berubah. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama kandungan produk yang digunakan.

Rutinitas Skincare Pagi

1. Pembersih yang ringan

Mulai hari dengan membersihkan kulit. Selama tidur, kulit melakukan proses perbaikan dengan mengeliminasi racun dan serpihan sel kulit mati. Pilih pembersih kulit yang ringan. Hindari penggunaan face wipe yang biasa digunakan di usia 20-an.

"Wipes [tisu] akan sangat abrasif buat kulit usia 30-an. Tisu wajah bisa mengandung alkohol, untuk membersihkan makeup dengan cepat, yang mana bisa merusak dinding alami kulit, mengarah pada sensitivitas dan dehidrasi kulit," jelas Scrivener.

2. Toner

Kemudian, lanjutkan dengan toner. Langkah ini akan berguna untuk mengencangkan pori, mengeliminasi racun, dan menyeimbangkan pH kulit. Anita Sturnham, dokter spesialis kulit, menyarankan toner dengan kandungan antioksidan untuk mencapai pH seimbang sehingga kulit tetap sehat.

3. Serum

Kandungan bahan aktif pada serum akan memberikan manfaat ekstra, tak hanya kelembapan. Berbagai produk menyediakan serum dengan bahan aktif beragam. Janji-janji akan kulit sehat, cerah dan bebas masalah pun terdengar menggiurkan.

Namun, satu bahan aktif yang perlu dimasukkan dalam daftar Anda adalah retinol.

"Selain tabir surya, bahan terbaik yang terbukti untuk melembutkan tekstur kulit dan menyamarkan garis, kerutan dan pori adalah retinol atau retinoid seperti Retin-A sesuai resep dokter," ujar Renee Rouleau, ahli estetika wajah selebriti, mengutip dari Byrdie.

4. Pelembap

Setelah serum, kunci manfaat dan kelembapan wajah dengan pelembap (moisturizer). Jangan lupa aplikasikan sampai leher. Pasalnya, menurut Joanna Czech, ahli estetika wajah, leher termasuk area yang rentan menunjukkan tanda penuaan paling awal.

"Area tampilan Anda dimulai dari puting dan berakhir di garis wajah," imbuhnya.

5. Tabir surya

Paparan sinar ultraviolet (UV) cepat merusak kulit. Penting untuk selalu menggunakan tabir surya sebagai langkah terakhir rutinitas perawatan kulit. Meski di dalam ruangan sekalipun, tetap gunakan tabir surya karena gelombang sinar UV bisa menembus jendela.

Rutinitas Skincare Malam

Perawatan kulit di malam hari tak jauh berbeda saat pagi. Yang cukup membedakan adalah saat malam, Anda tidak perlu menggunakan tabir surya. Sebagai gantinya, Anda disarankan untuk menggunakan krim malam atau pelembap khusus malam hari dan eye cream.

Krim malam akan mendukung proses regenerasi kulit selama tidur. Sedangkan eye cream didesain untuk kulit area sekitar mata yang tipis dan rentan timbul tanda penuaan.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK