5 Sudut Bersejarah di Timbuktu, Kota yang Terkurung Daratan

CNN Indonesia | Kamis, 04/02/2021 13:50 WIB
Crown of West Africa atau Mahkota Afrika Barat, adalah julukan bagi Timbuktu, kota di Mali, Afrika Barat, benua yang terkurung daratan. Pemandangan bandara di Timbuktu, Mali. (Istockphoto/Africanway)
Jakarta, CNN Indonesia --

Crown of West Africa atau Mahkota Afrika Barat, adalah julukan bagi Timbuktu, kota di Mali, Afrika Barat, benua yang terkurung daratan.

Timbuktu dikenal dalam komik Donal Bebek, yang dikisahkan menjadi tempat impian Paman Gober mengeruk harta karun berupa emas.

Timbuku bukan tempat rekaan, karena nyata adanya. Bahkan kota ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, karena menjadi pusat penyebaran Islam yang pertama di Afrika Barat.


Saat ini Timbuktu sedang memulihkan kondisi kawasannya dari konflik berdarah. Penerbangan komersil yang mendarat pertama kali pada pekan ini sejak sembilan tahun yang lalu menandai bangkitnya kota.

Ada banyak sejarah menarik mengenai Timbuktu, mulai dari penggunaan lumpur sungai sebagai bahan bangunan, penjelajah pertama yang datang ke sana, hingga aksi pustakawan heroik yang menyelamatkan manuskrip penting dari perusakan yang dilakukan ekstrimis.

Mengutip USA Today, CNN Travel, dan berbagai sumber lainnya, berikut lima tempat penting di Timbuktu yang bisa dikunjungi turis:

5 Sudut Bersejarah di Timbuktu, Kota yang Terkurung Daratan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK