Dubai Punya Wahana Ayunan Tertinggi di Dunia

CNN Indonesia | Senin, 15/02/2021 13:45 WIB
Bollywood Skyflyer saat ini memegang rekor sebagai wahana permainan ayunan tertinggi di dunia. Bollywood Skyflyer saat ini memegang rekor sebagai wahana permainan ayunan tertinggi di dunia. (Bollywood Parks Dubai)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dubai dan China seakan terus bersaing untuk mendirikan bangunan tertinggi, terbesar, atau termegah. Kalau soal ayunan tertinggi di dunia, Dubai jadi pemenangnya, karena belum lama ini wahana permainan tersebut dibuka untuk umum.

Bernama Bollywood Skyflyer, rasanya wahana ini wajib dijajal para pecandu adrenaline yang akan berwisata ke Dubai usai pandemi virus Corona.

Memiliki ketinggian 140 meter - sama tingginya dengan Piramida Agung Giza di Mesir - wahana ayunan tertinggi di dunia ini menyisihkan pemegang rekor sebelumnya dengan perbedaan ketinggian "hanya" sekitar 10 meter.


Diresmikan minggu lalu di taman hiburan Bollywood Parks Dubai, wahana ini menetapkan rekor baru sebagai ayunan tertinggi di dunia, menggeser kedudukan Orlando Starflyer, wahana ayunan di Amerika Serikat setinggi 137 meter dari posisi teratas.

Bollywood Skyflyer dibangun dari 421 ton baja. Butuh 600 hari untuk pembangunannya dan 120 hari lagi untuk pemasangannya, kata Milton D'Souza, manajer umum taman hiburan itu.

Sembilan wahana baru

Bollywood Parks Dubai terpaksa tutup selama beberapa bulan karena pandemi Covid-19.

Salah satu dari tiga taman hiburan yang membentuk Dubai Parks and Resorts, Bollywood Parks Dubai dibuka kembali pada 21 Januari 2021 dengan sembilan wahana baru - termasuk sang ayunan pemecah rekor dunia, Bollywood Skyflyer.

Atraksi baru lainnya di taman bertema Bollywood ini termasuk bianglala setinggi 55 meter, rollercoaster bertema taksi Mumbai, dan "roket" yang terjun bebas, yang akan "memeriahkan keragaman budaya di India," kata D'Souza.

Seperti banyak bisnis lainnya, taman menggunakan penutupan tersebut sebagai kesempatan untuk memperluas dan memodernisasi fasilitas dan layanannya.

"Kami menggunakan waktu untuk membuat dan membangun area baru di taman yang kami sebut Zona Mela, yang merupakan rumah bagi mayoritas dari sembilan wahana baru di Bollywood Parks Dubai," kata D'Souza kepada CNN.

Pada 2019, Dubai Parks and Resorts didatangi 2,6 juta pengunjung.

D'Souza berharap "renovasi" ini akan mendorong lebih banyak tamu untuk mengunjungi taman tersebut di masa mendatang, karena Dubai semakin populer sebagai destinasi wisata.

Wahana pemecah rekor lainnya

Bollywood Parks akan memecahkan lebih banyak rekor pada tahun 2021, kata D'Souza.

Akhir tahun ini, taman tersebut berencana untuk membuka Bombay Express - rollercoaster kayu pertama dan satu-satunya di kawasan itu.

Sementara itu, di luar Dubai Parks and Resorts, Ain Dubai akan mengambil gelar bianglala tertinggi di dunia saat dibuka pada tahun 2021 di Bluewaters Island.

Memiliki ketinggian 210 meter, Ain Dubai akan mencuri gelar dari High Roller setinggi 167 meter di Las Vegas.

(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK