3 Dampak Positif dan Negatif Diet

tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 10:41 WIB
Apa saja dampak positif dan negatif diet? Bagaimana cara untuk memaksimalkan dampak positif dan meminimalisir dampak negatif diet tersebut? Apa saja dampak positif dan negatif diet? Bagaimana cara untuk memaksimalkan dampak positif dan meminimalisir dampak negatif diet tersebut? (Peter Belch via tookapic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Diet dapat memberikan dampak positif dan negatif untuk kesehatan. Apa saja dampak positif dan negatif diet? Bagaimana cara untuk memaksimalkan dampak positif dan meminimalisir dampak negatif diet tersebut?

Dokter spesialis gizi klinik RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, Diana Felicia Suganda menjelaskan diet adalah mengatur pola makan sesuai dengan kondisi masing-masing individu.

"Kita harus samakan persepsi diet adalah mengatur pola makan sesuai dengan kondisi masing-masing. Diet yang beredar di masyarakat biasanya adalah diet untuk menurunkan berat badan, mindset-nya itu," kata Diana kepada CNNIndonesia.com, Kamis (4/3).


Diana menjelaskan jika dilakukan dengan benar, diet dapat mencapai tujuan yang diinginkan juga memberikan dampak positif untuk kesehatan.

Berikut dampak positif diet:

1. Menurunkan berat badan

Seseorang yang kelebihan berat badan dapat menurunkan berat badan melalui diet yang baik dan tepat. Orang dengan berat badan yang ideal juga dapat menjaga berat badan melalui pola makan yang benar. Begitu pula sebaliknya, orang yang kekurangan berat badan bisa mencapai berat badan ideal dengan pola diet yang tepat.

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi atau gizi tubuh

Pola makan yang tepat dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan nutrisi harian mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kebutuhan gizi yang seimbang dapat menjaga fungsi-fungsi organ di dalam tubuh

3. Mencegah penyakit

Nutrisi tubuh yang seimbang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes.

"kalau diet dilakukan dengan cara yang tepat, misalnya kebutuhan kalori yang sesuai dan nutrisi yang mencukupi, risiko penyakit jantung koroner, obesitas, dan lainnya akan berkurang," tutur Diana.

Selain dampak positif, diet yang dilakukan dengan tidak benar dapat memicu dampak negatif. Dampak negatif biasa muncul dari pola diet yang ekstrem.

"Kalau terlalu ekstrem, asupan harian sangat kecil sehingga tidak mendapatkan nutrisi yang sesuai misalnya mengurangi karbohidrat, mengurangi protein, atau mengurangi lemak, sehingga yang terjadi adalah tubuh kita malnutrisi atau kekurangan nutrisi dan efeknya sangat banyak," tutur Diana.

Berikut dampak negatif diet:

1. Tubuh lemah

Diet ekstrem yang mengurangi kebutuhan energi dari karbohidrat dapat membuat tubuh menjadi lemah karena tidak memiliki energi dan kekuatan.

2. Sulit berkonsentrasi

Kekurangan energi juga membuat tubuh sulit berkonsentrasi saat bekerja, belajar, dan beraktivitas.

3. Rambut rontok

Kekurangan nutrisi penting seperti protein dan juga mineral dapat menimbulkan masalah pada organ tubuh misalnya rambut dan kulit. Rambut bisa menjadi rontok dan kulit pun bermasalah.

4. Gangguan hormon

Nutrisi yang tidak sesuai karena diet yang salah juga dapat memicu gangguan hormon. Gangguan hormon dapat ditandai dengan berjerawat maupun menstruasi yang tidak teratur pada perempuan.

HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK